Pelabuhan Bitung Bakal jadi Pangkalan Utama Keamanan Kawasan Perbatasan

0
314
Mendagri Cahyo Kumulo

 

SULUT,DETOTABUAN.COM – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI) Tjahjo Kumolo, SH menyatakan, pelabuhan Bitung akan menjadi Pangkalan Utama Keamanan Kawasan Perbatasan.

Pernyataan  Mendagri itu, disampaikan saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Utara 2017, yang diselenggarakan di Hotel Sutan Raja Kalawat Minut, Selasa (19/04) kemarin.

Lanjut dijelaskan, Provinsi Sulawesi Utara adalah provinsi Perbatasan yang harus dijaga dengan baik. Dalam rapat penyusunan perencanaan alutsista dan pengembangan kawasan pertahana RI, disampaikan bahwa Bitung harus menjadi Pangkalan Utama Keamanan Kawasan Perbatasan.

“Keberadaan Kepulauan Talaud dan Sangihe dan Sitaro memberikan celah masuknya senjata untuk operasi kelompok radikal, jalur penyelundupan Narkoba, jalur masuk warga negara asing secara illegal,” ujarnya.

Mendagri juga mengingatkan para Kepala Daerah, bahwa Pemda tidak hanya perangkat aparatur pemerintah dan DPRD. Karena didalamnya ada Kepolisian, Kejaksanaan, Matra TNI. Sehingga dibutuhkan Sinergitas dalam setiap pengambilan kebijakan politik dan pembangunan. (*/Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.