Alat Berat Rusak, Sampah di TPA Inomunga Bolmut Mulai Meluber Hingga ke Badan Jalan

0
161
Tampak tumpukan sampah di TPA Bolmut mulai meluber hingga ke badan jalan, hal ino diduga disebabkan alat berat di TPA diduga rusak (Foto : Ipul/detotabuan.com)

DETOTABUAN,BOLMUT – Sampah – sampah yang ada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Inomunga, Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolmut, sudah mulai meluber hingga ke badan jalan.

informasi yang diterima awak media, diduga hal ini disebabkan karena alat berat yang kerap digunakan untuk operasional TPA sudah rusak.

Akibatnya luberan sampah ini, mulai menghalangi para pengguna jalan. apalagi aromanya sudah mulai menyengat.

Dikonfirmasi awak media, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Bolmut) Mohammad Hidayat Panigoro mengatakan, sampah yang berserakan di pinggir jalan, disebabkan karena TPA sudah over kapasitas.

“Kita lagi cari solusi untuk mengatasi sampah-sampah yang sudah mulai menumpuk di TPA,” ujarnya saat dikonfirmasi Selasa (03/02/2023) tadi.

Selain itu kata dia, hal ini juga disebabkan karena pihaknya belum memiliki anggaran untuk perbaikan alat berat yang rusak.

“Memang sejak saya menjabat kepala DLH, alat-alat itu baik Buldozer dan dua truk pengangkut sampah sudah mengalami kerusakan, namun kamin(DLH.red) belum memiliki anggaran untuk itu (Memperbaiki.red),” pungkasnya.

Menariknya, informasi yang diterima media ini, diduga penyebab kendaraan operasional di TPA rusak, karena sering dipakai oleh pihak ketiga.

“Kami lihat alat alat ini sering dipakai oleh pihak ketiga entah untuk apa kami tidak tau, mungkin itu juga salah satu penyeban alat alat ini cepat rusak,” ujar sumber sembari meminta namanya tidak dipublish.

Terkait hal itu, awak media mencoba melakukan konfirmasi kepada mantan Kepala DLH sebelumnya, namun hingga berita ini dipublish yang bersangkutan belum berhasil dihubungi, meski demikian upaya konfirmasi masih akan terus dilakukan.

(Pewarta : Ipul / Redaktur : Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.