Bangkitkan Cinta Seni Budaya, Pemkot Gelar Festival Pantun dan Gambus

dengan adanya kegiatan seperti ini, pemerintah berharap dapat membangkitkan kembali semangat dan kecintaan serta keinginan kita semua untuk melestarikan seni dan budaya daerah

0
641

KOTAMOBAGU,DETOTABUAN.COM – Pemerintah Kota Kotamobagu ternyata mempunyai perhatian tersendiri untuk melestarikan Seni dab Budaya Tradisional Mongondow. Melalui Dinas Perhubungan Kebudayaan Pariwisasta Komunikasi dan Informasi (Dishubbudparkominfo) Kota Kotamobagu, Pemkot menggelar Festival Pantun dan Gambus Se Kotamobagu pada hari Sabtu (5/12/2015)

Sri Sudarti Gaib selaku ketua panitia pelaksana mengatakan jika kegiatan yang dilangsungkan di Lapangan Bogani Poyowa Besar tersebut adalah salah satu upaya untuk terus melestarikan Seni dan Budaya yang ada di daerah Kotamobagu dan Bolaang Mongondow Raya.

“Kegiatan ini digelar dalam rangka meningkatkan kecintaan terhadap seni dan budaya daerah, bahkan untuk para peserta yang ikut, harus menggunakan peralatan gambus asli, dan tidak boleh menggunakan alat musik lainnya,” ujar Kabid Kebudayaan Dishubbudparkominfo Kotamobagu

Hal serupa disampaikan Kadis Hubbudparkominfo Agung Adati, ST, M.Si. menurutnya, dengan perkembangan zaman, saat ini banyak masyarakat khususnya para generasi muda, yang sudah hampir mulai melupakan budaya daerah.

“Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan seperti ini, pemerintah berharap dapat membangkitkan kembali semangat dan kecintaan serta keinginan kita semua untuk melestarikan seni dan budaya daerah,” Terang Adati (*)

Editor : Redaksi deTotabuan