Berangkat ke Tanah Suci, 17 CJH Bolmong di Lepas Penjabat Bupati

0
62
Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM lepas CJH Bolmong. (Foto: Istimewa).

BOLMONG, DETOTABUAN.COM – Penantian Calon Jamaah Haji (CJH) di Indonesia, terkhusus dikabupaten Bolmong untuk melaksanakan Ibadah Haji telah tiba. Ini dikarenakan, dua tahun sudah Pemerintah menunda keberangkatan Ibadah Haji bagi CJH di Indonesia dikarenakan Pandemi Covid-19.

Ditahun ini, dipastikan CJH Bolmong akan berangkat ke tanah suci, yang akan menunaikan rukun islam yang ke lima.
Menurut Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kabupaten Pemkab Bolmong Rukman Korompot, untuk CJH Bolmong berjumlah 17 orang. Dilepas langsung oleh Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM, bersama kepala Kantor kementerian agama Shabri Makmur Bora S.Ag bertempat di kantor Bupati Bolmong, Lolak Minggu, (26/6/2022).
“Resmi dilepas oleh Bupati Bolmong,” singkat nya.

Ditempat yang sama, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Bolmong Hendrongi Ngampo mengungkapkan, CJH yang tertua berumur 64 tahun 11 bulan atas nama Hasina Paputungan dari desa Lolak. Dan CJH yang termuda umur 36 tahun atas nama Nurhayati dari desa Tuyat keduanya dari kecamatan Lolak. Dengan jumlah CJH untuk laki – laki 6 orang dan perempuan 11 orang.

“Dari Embarkasi Balikpapan para CJH tanggal 29 Juni berangkat ke Jeddah,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Bolmong Shabri Makmur Bora, mengatakan untuk rute perjalanan CJH Bolmong usai dilepas Bupati, akan menuju asrama haji di Manado. Tanggal 28 Juni CJH Bolmong berangkat dari Manado, ke Embarkasi Balikpapan. Dan pada tanggal 29 Juni, dari Embarkasi Balikpapan para CJH Bolmong berangkat ke Jeddah Arab Saudi.

“Semoga para CJH Bolmong dapat melaksanakan ibadah haji dengan prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dan menjadi haji yang mabrur,” harapnya.

Ia pun berharap pula, Semoga Hasil Pemerksaan kesehatan bagi para CJH Bolmong, semuanya sehat dan bisa diberangkatkan.

“Semoga dilancarkanNya pelaksanaan Ibadah dan semuanya bisa kembali utuh ditengah – tengah keluarga dengan predikat Haji dan Hajjah yang mabrur,” kata Bora.

Dihadapan para CJH Bolmong, Bupati Limi Mokodompit meminta kepada CJH untuk menunaikan ibadah haji dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Jaga kekompakan sesama CJH, selama melaksanakan ibadah haji.

“Saya ucapkan selamat kepada bapak – ibu yang kini diberi kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji di tanah suci, karena dua tahun ini tidak ada jadwal untuk berangkat ke tanah suci disebabkan Pandemi Covid-19. Semoga akan menjadi haji yang mabrur,” ucap Bupati.

Ia berharap, kepada CJH untuk mempersiapkan fisik dan mental serta menjaga kesehatan dengan sebaik – baiknya.

Selain itu, mengatur pola makan dan minum serta istirahat yang cukup, ini demi kelancaran selama melaksanakan ibadah haji.

“Saya minta para CJH Bolmong dapat menjaga citra bangsa dan daerah yang tentu selalu mengedepankan persatuan dan kesatuan. Saling tolong menolong antar sesama, sehingga mudah – mudahan seluruh rangkaian pelaksanaan ibadah haji dari awal sampai akhir, dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar,” ujar Bupati.

Sambil menambahkan, kepada para keluarga pengantar CJH. Limi berharap agar dapat menjaga keselamatan dan ketertiban serta mematuhi aturan berlalu lintas, sehingga terhindar dari yang tidak kita inginkan bersama.

“Kami disini selalu berdoa, agar CJH provinsi Sulawesi Utara dan khususnya CJH Bolmong selalu diberikan kesehatan, kekuatan dan kemudahan oleh Allah SWT selama menunaikan ibadah haji di tanah suci. Sehingga semua rukun haji dapat dilaksanakan tanpa ada halangan dan hambatan apapun serta kembali dengan selamat, sehat walafiat selalu,” tutup Limi. (Yono).

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.