BKD Bolmong Gelar Sidak PNS

0
385
Kepala BKDD Bolmong, Zainudin Paputungan

BOLMONG,DETOTABUAN.COM – Para pegawai negeri sipil (PNS) yang berada di kantin, Rabu (10/2), langsung berhamburan keluar saat mendengar Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menggelar inspeksi mendadak (sidak). Para pamong praja ini langsung menuju kantor masing-masing.

Sementara Kepala BKD Bolmong Zainudin Paputung yang memimpin sidak tersebut tampak mendatangi para PNS yang berada di luar kantor. Para PNS yang tidak bisa menunjukkan bukti sedang tuga luar langsung mendapat teguran dan diminta segera kembali ke kantor.

Zainudin juga langsung menegur para aparatur sipil negara (ASN) yang kedapatan hanya menggunakan sandal. Tak sedikit para pegawai yang hanya mengggunakan sandal di Kantor Bupati Rabu pagi itu.

Di sela sidak, Zainuddin mengatakan, Pemkab Bolmong sedang menata kedisiplinan para pegawai. “Tujuan sidak ini adalah untuk memonitor kedisiplinan PNS di seluruh kantor dinas dan Kantor Bupati,” kata dia.

Sidak tersebut, lanjut dia merupakan perintah dari Bupati Bolmong Salihi Mokodongan. Inspeksi juga akan dilakukan di seluruh satuan kerja perangkat daerah di Pemkab Bolmong. Mereka yang tidak berada dalam kantor saat jam kerja, jika tidak sedang bertugas, akan mendapat sanksi.

“Pasti akan ada sanksi jika tidak mengikuti aturan dalam rangka penegakan disiplin pegawai ini,” ujarnya.

Menurut Papuungan, selaku abdi negara PNS harus mengedepankan kedisiplinan agar menjadi contoh bagi masyarakat. “PNS harus berikan contoh kepada masyarakat, bagaimana masyarakat bisa sopan dan disiplin jika aparatur sipil negara sendiri tidak membuka jalan atau memberikan contoh,” pungkasnya.

Edi Gimon satu di antara PNS senior di Setda Bolmong mengatakan sidak yang dilakukan BKD sudah bagus. Tapi, menurut dia, harus ada tindakan tegas bagi mereka yang indisipliner. Sanksi tak hanya sebatas teguran saja.

“Saya setuju dengan sidak-sidak dari BKD agar para PNS di kantor selalu berada di ruanganya dalam rangka pelayanan kepada masyarakat,” terangnya.

Dia setuju, PNS harus menjadi teladan bagi masyarakat. “Contohnya ketika jam kerja harus bekerja, jangan keluar kantor apalagi sudah pulang, sebab banyak ditemui saat masih jam kantor ada pns yang sedang menunggu kendaraan di jalan trans,” tutupnya.(Oct)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.