Bupati Bolmong Tandatangani MoU dengan Gubernur Sulut

0
350

ADVETORIAL,DETOTABUAN.COM – Bupati Bolaang Mongondow Hi Salihi B Mokodongan, menghadiri Rapat Kerja Daerah (rakerda) dan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU), dengan Gubernur DR Sony Sumarsono ,MDM soal peningkatan sasaran tanaman padi kedelai  dan jagung. Penandatanganan MOU tersebut dilakukan oleh Gubernur bersama Bupati dan Walikota se-Sulut. Penandatangan dilakukan di Graha Gubernur Bumi Beringin Manado, Selasa (12/1).

MoU pertanianPenandatangan MoU itu merupakan tindak lanjut hasil RAPIM A bersama Kementrian Pertanian RI pada 2015 lalu dan hasil rapat koordinasi antara dinas pertanian dan instansi yang terkait kabupaten/kota  bersama TNI-AD, per-kabupaten kota.

Selain meni ngkatkan produksi komoditas strategis padi, jagung dan kedelai, program ini bertujuan untuk meningkatkan produksi komoditas prioritas dan spesifik lokasi, memperluas lapangan kerja dengan produktifitas tinggi dan kesempatan berusaha, serta meningkatkan kemandirian petani melalui pemberdayaan kelembagaan tanaman pangan dan hortikultura dan pengembangkan usaha tani yang ramah lingkungan.

salihi mouBupati Hi Salihi mejelaskan, dengan memperhatikan potensi, peluang, prospek pengembangan dan teknologi yang tersedia serta besarnya permintaan masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan, maka sasaran pembangunan pertanian Bolaang Mongondow  untuk peningkatan produksi komoditas strategis padi, jagung dan kedelai.

Sementara itu dalam sambutannya Pj Gubernur mengatakan, kurang lebih 148 ribu hektar sawah di Sulut ,60 persennya ada di Bolaang Mongondow, jika BMR terbentuk maka Sulut bisa saja krisis pangan dan terpaksa impor beras dari daerah tetangga.(Adve/Oct)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.