Dukung Pemanfaatan Hutan Tanam Industri, Warga Sebut Buka Peluang Kerja untuk Masyarakat

0
166

BOLMUT,DETOTABUAN.COM – Warga Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mulai memberikan dukungan terkait pemanfatan Hutan Tanam industri (HTI) yang akan dilakukan oleh PT. Hutan Cipta Bersama dan PT. Global Tanam Lestari.

“Dengan masuknya perusahaan ini akan menjadikan peluang kerja bagi masyarakat Bolmut,” ucap salah satu warga Desa Boroko Kecamatan Kaidipang Iraham Kadir saat ditemui Detotabuan.com di lokasi, jumat (17/02/2023).

Dia mengungkapkan bahwa melihat kondisi Bolmut saat ini, jika memiliki investor ini akan memberikan dampak yang baik untuk masyarakat.

“Sudah saatnya kita punya investor, karena manfaatnya juga akan dirasakan langsung oleh masyarakat,”ungkapnya

Iraham menyebutkan, bahwa pihaknya telah melakukan pembersihan lahan sekitar 12 hektar dengan melibatkan 11 orang pekerja.

“Jadi menurut kami Pemanfaatan hutan tanam industri merupakan sumber pendapatan bagi masyarakat bolmut,”Kata Iraham

Sementara itu, salah satu pekerja Amran Molamahu mengatakan bahwa dengan hadirnya perusahaan ini sangat membantu perekonomian warga.

“Karena pekerjaan ini menjadi salah satu program jangka panjang, sehingga kami bisa bekerja selama perusahaan ini masih berada di bolmut, adanya HTI di bolmut menjadikan penghasilannya mulai bertambah,”ucapnya

Terpisah, pihak perusahan HTI Cryestian Haryantho menjelaskan, terkait masuknya perusahaan ini sangat mendorong perekonomian masyarakat.

“Mulai dari proses pengelolaan lahan, pemeliharaan bibit penanaman itu kami lakukan dengan melibatkan masyarakat sehingga mengedepankan manfaat untuk masyarakat,” ungkapnya

Dia juga menegaskan bahwa pihaknya tidak akan akan merampas lahan milik warga.

“Jika itu masuk dalam kawasan warga maka kami akan cari tahu siapa pemilik dari kawasan itu, untuk pekerjaan dari tanam sampai pemanenan kami akan memprioritaskan lapangan kerja untuk masyarakat lokal dan tidak akan menggunakan alat berat,” janjinya.

Reporter : Ipul Kohongia

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.