Fenomena Motivated Reasoning, Sebuah Penalaran Bangun Opini Negatif untuk BERKAH (3)

0
69

Oleh : Firasat Mokodompit, Aktifis Kemanusiaan dan Sosial Kemasyarakatan.

“If you do good to someone, don’t remember if someone, does good to you, never forget it” Jika kamu berbuat baik kepada seseorang, jangan diingat, kika seseorang berbuat baik pada kamu, jangan pernah dilupakan. (Dale Carnegie).

Ungkapan diatas mengingatkan kita terutama pribadi saya dan para sahabat handai taulan, pegiat LSM, Pemerhati Sosial, Profesional media, para Profesional, Politisi dengan berbagai latar belakang Profesi lainnya, harus senantiasa kedepankan ROSO.

Bahwa kita pernah kerjasama, kita pernah satu tim, kita pernah merasakan hasil keringat kerja keras orang lain, kita juga pernah menikmati fasilitas orang lain, mengapa begitu kita tidak dikontrak, tidak bersama, tidak diajak urun rembuk bukannya kesyukuran disampaikan, tapi Umpatan Angkara murka justru di endus dengan merendahkan profesi terhormat dimiliki yang selama bertahun tahun dibangun dengan susah payah.

Fenomena Motivated Reasoning kenapa harus terjadi? Sebuah penalaran yg nampak sangat Logis dan Rasional, padahal semua itu hanyalah upaya PATGULIPAT mencari PEMBENARAN, atas sesuatu Ide Kanibal yang diyakini bisa bangun opini negatif pada sosok yang tidak disukai.

Tujuannya, TERMOTIVASI untuk membela atau menyerang Ide Gagasan Calon tertentu bukan mencari KEBENARAN secara jernih, namun sebaliknya dimanfaatkan tuk menurunkan kredibilitas orang lain/Kandidat agar tidak disukai Rakyat dan menonjolkan calonnya yang didorong mampu lakukan penyelamatan kondisi daerah yang begitu pesat kemajuannya.

Sangat Naif justru dilakukan sosok Pekerja Profesional yang lacurkan Ide Gagasan yang selalu dengan strory keberhasilan mengantarkan seseorang dalam singgasana politik yang sangat prestisius dlm kontestasi nasional. Sayangnya, dia merasa paling benar dan hebat ternyata hanya Figura yang selalu tampil setiap tahun saat selesai Tahun Baru.

MAMPUKAH BERKAH MENJADI HARAPAN MASYARAKAT MAJUKAN BOLSEL

Sebagai sosok Berpengalaman Iskandar Kamaru dan pasangannya dipastikan mampu wujudkan harapan rakyat Bolsel untuk tingkatkan kesejahteraanya. Ada beberapa Parameter dan indikator yang bisa dipegang Rakyat sebagai Jaminan Bolsel lebih Maju dan Hebat.

Pertama, BERKAH, diusung Partai Besar Nasional Pemenang Pemilu PDIP, begitu juga Pemenang di Bolsel, sehingga Sinergitas Kader dalam gelontorkan DAK, DAU, Dana Stimulan dipastikan akan besar bagi Infrastruktur dan Fasilitas publik di bolsel.

Kedua, Faktor Olly Dondokambey, tokoh Nasional (Bendahara Umum PDIP) yang juga Gubernur Sulut, kemudian H2M anggota Komisi V DPR RI dari PDIP (Kelola anggaran 3000 Trilyun lebih dalan APBN) asal PINOLOSIAN BOLSEL, dipastikan mampu untuk kondisikan dana/ Gelontorkan anggaran lebih bagi Bolsel dengan tanpa mengabaikan kepentingan 4 kabupaten. kota lainnya di BMR dan 10 kabupaten kota lain yang menjadi Dapilnya.

Ketiga, TOTALITAS UNTUK RAKYAT BOLSEL, yang ditunjukkan dibarengi Pengalaman Membangun daerah yang sudah ditunjukkan pada masa H2M dilanjutkan oleh Iskandar Kamaru saat ini (Incumbent) merupakan Modal Kekuatan Utama BERKAH, karena rakyat lebih MEMPERCAYAI ORANG BERPENGALAMAN, dari pada baru mau belajar yang butuh 2 atau 3 tahun untuk Penyesuaian.

Keempat, KARAKTER RAKYAT PEMILIH BOLSEL, yang Paternalistik Agamais yang ditopang Kultur OADATAN masih sangat kuat, sehingga mereka lebih percaya PEMIMPIN BERPENGALAMAN,
“Santun dalam Bertindak, Sejuk dalam Tatabahasa , Ikhlas dalam Bekerja” itulah sosok Iskandar Kamaru, Pemimpin yang menjadi Idola rakyat bolsel !!

Kelima, Hasil Pembangunan yang dirasakan rakyat bolsel 10 tahun terakhir ini, yang walau ada Opini sengaja diangkat tentang data IPM dan Angka Orang Miskin dll, namun itu tidak berdiri sendiri, banyak parameter yang harus dilihat bahwa Bolsel sejak Dimekarkan banyak keterbatasan yang dimiliki, termasuk angka miskin tadi.

Namun Pemerintah saat ini tidak tinggal diam, dengan berbagai terobosan Stimulan secara bertahap angka kemiskinan mulai menurun drastis.

Hal lain tentu MANUSIAWI, Bupati dan Wakil tidak bisa SENANGKAN dan atau MEMUASKAN semua rakyatnya, terpenting KOMITMEN KERAKYATAN JELAS !! ditunjukkan Iskandar Kamaru dan Wakilnya untuk perbaiki berbagai kekurangan dan kelemahan, dengan Optimalisasi Kinerja SKPD bagi Kepentingan rakyat.

Dan kriteria diatas dimiliki Iskandar Kamaru dan pasangan nya BERKAH, masyarakat Bolsel SANGAT CERDAS TENTUKAN PILIHAN nya, tak terpengaruh dgn berbagai Manuver Konyol ORANG LUAR BOLSEL YANG TAK MILIKI HAK PILIH, spalagi endus Opini sesat seakan Bolsel HARUS DISELAMATKAN, ini taggar KONYOL TAK MENDASAR DAN PROVOKATIF, krn selama ini Rakyat Bolsel merasakan Kemajuan daerah dari iligon sampai Posigadan. ( Bersambung)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.