Mudahkan Proses Pengelolaan Keuangan Desa, Pemda Bolsel Jalin Kerjasama dengan Bank SulutGo Luncurkan Kasda Online

0
45

BOLSEL,DETOTABUAN.COM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dan Bank Sulutgo melaunching Kas Desa (Kasda) Online, Senin (04/01/2021) tadi.

Bupati mengatakan, Launching Kasda Desa Online ini, bertujuan memudahkan proses pengelolaan keuangan desa serta mendorong terwujudnya transparansi.

“Launcing ini juga merupakan amanat dalam surat edaran mendagri nomor 910/1867/SJ tertanggal 17 April 2017 tentang implementasi transaksi non tunai pemerintah daerah kabupaten/kota,” terang Bupati.

Bupati berharap kedepan dengan di implementasikan Kasda online pada setiap pemerintah desa l, dapat memudahkan proses pengelolaan keuangan Desa.

“Diharapkan, kebijakan ini mampu mendorong terwujudnya pengelolaan keuangan di Desa yang lebih transparan, efektif serta bertanggung jawab, sistem ini juga tentunya memberikan benefit atas pengelolaan keuangan desa yang diantaranya adalah keamanan, kemudahan, kecepatan dan juga kehandalan dalam penggunaannya,” harapnya.

Lebih lanjut, Bupati meminta setiap perangkat daerah untuk segera menyusun Rencana Umum Pengadaan (RUP).

“RUP ini saya minta agar segera disusun dan ditayangkan di aplikasi sistim informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) Online serta sesegera mungkin melaksanakan program dan kegiatan prioritas tahun 2021,” tegas Bupati.

Selian itu, Bupati meminta SKPD agar segera menuntaskan dokumen perjanjian kinerja antara pimpinan PD dengan pejabat dibawahnya.

“Siapkan dokumen-dokumen pendukung untuk penyusunan LPPD dan LKPJ, siapkan laporan pengelolaan keuangan tahun 2020 dengan baik dan tepat waktu dengan target kembali meraih opini WTP dari BPK-RI,” jelas Kamaru.

Turut hadir dalam Launching ini, Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid, Sekda Marzanzius Arvan Ohy, S.Stp, Pimpinan Bank Sulutgo cabang Molibagu, para Asisten, Pimpinan OPD, Camat dan Para Sangadi. (**)