Penjabat Bupati Hadiri Acara Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten

0
35
Penjabat Bupati Ir Limi Mokodompit MM, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling SE MM, Ketua TP PKK Ny Iriyanti Suleha Uswanas S.Sos, Asisten III Drs Ashari Sugeha dan Kadis Kesehatan Julin Papuling.

BOLMONG, DETOTABUAN.COM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow melalui Dinas Kesehatan, melaksanakan Rembuk Stunting tingkat Kabupaten, Selasa (12/7/2022) bertempat di Ruangan Paloko, Sutan Raja Hotel, Kotamobagu.

Turut hadir Penjabat Bupati Ir Limi Mokodompit MM, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling SE MM, Ketua TP PKK Ny Iriyanti Suleha Uswanas S.Sos, Asisten III Drs Ashari Sugeha, pimpinan OPD, Camat, Kepala Puskesmas dan Kepala Desa yang terlibat dengan stunting di desa.

Kepala Dinas Kesehatan Bolmong Julin Papuling SKM saat menyampaikan sambutan.
Kepala Dinas Kesehatan Bolmong Juling Papuling SKM dalam sambutan mengatakan, rembuk stunting adalah aksi ketiga rangkaian konvergensi yang harus dilakukan pemerintah untuk memastikan penurunan stunting.

“Rembuk stunting merupakan langkah penting untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi pencegahan dan penurunan stunting yang dilakukan secara bersama-sama antara OPD penanggung jawab layanan dengan sektor/lembaga non-pemerintah dan masyarakat,” kata Julin Papuling.

Peserta Rembuk Stunting.
Sementara itu, Pj Bupati Ir Limi Mokodompit MM mengatakan, pemerintah daerah bertanggungjawab dalam menangani stunting.

“Saya harus garis bawahi, beberapa bulan lalu saat pertemuan dengan pak Presiden, kepada OPD yang terundang, camat dan sangadi, stunting adalah fokus pemerintah dan kita semua tidak boleh abai,” kata Bupati.

 

Suasana pembukaan kegiatan rembuk stunting yang dihadiri Kepala OPD, para camat dan Sangadi.
“Kenapa ini menjadi penting karena masa depan generasi hanya bisa kita bisa wujudkan bila anak-anak kita persiapkan sejak dini, sejak bayi. Aktifkan kegiatan di bidang stunting,” jelasnya.

Bupati melanjutkan, stunting merupakan masalah Nasional. Berdasarkan riset, masalah gizi adalah masalah bersama yang harus ditangani, baik pemerintah pusat, provinsi dan daerah dalam memutus mata rantai siklus kekurangan gizi.


Pembukaan rembuk stunting tingkat kabupaten yang dilaksanakan dinas kesehatan bolmong.

“Saya minta kepada seluruh tenaga medis, kesehatan dan posyandu, harus benar benar berperan dalam pelayanan pada masyarakat,” tegas Bupati. (Yono/*).

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.