Pj. Wali Kota Kotamobagu Pimpin Panen Perdana Cabai Rawit di Bukit Ilongkow

0
24

Detotabuan.com, KOTAMOBAGU – Pj. Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Hi. Asripan Nani., M.Si., memimpin langsung Panen Cabai Rawit perdana bertempat di bukit Ilongkow Kelurahan Kotobangon, Kecamatan Kotamobagu Timur, Selasa 7 Mei 2024.

Kegiatan Panen Cabai Rawit yang dipimpin Pj. Wali Kota Asripan Nani, turut di dampingi ratusan Aparatur Sipil Negara dilingkungan Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu, dimana kegiatan tersebut merupakan pelaksanaan Program “Mari Jo Ba Kobong” yang dicanangkan Gubernur Sulawesi Utara, Prof. Dr. (H.C) Olly Dondokambey, S.E dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Drs. Steven. O.E. Kandouw, pada beberapa waktu lalu.

“Jika 4 Bulan yang lalu kita semua melaksanakan Apel kerja disini, dan melakukan penanaman perdana Cabai Rawit, maka tanpa terasa pada pagi hari ini, kita semua dapat hadir disini untuk melaksanakan bersama kegiatan Panen Cabai Rawit yang merupakan pelaksanaan dari Program “Mari jo Ba Kobong,” ujar Pj. Asripan Nani mengawali kegiatan panen.

Dikatakannya bahwa hasil dari Panen Cabai Rawit akan dikumpulkan, untuk kemudian akan dijual.

“Hasilnya nanti akan disumbangkan untuk kegiatan sosial, seperti untuk memperbaiki sarana dan prasarana Ibadah yang ada di Kota Kotamobagu,” tambahnya.

Di tempat yang sama Kepada Dinas Pertanian Kotamobagu, Fenty Dilasandi Mifta menyampaikan hasil yang di peroleh untuk panen perdana komoditas cabai dan juga tomat.

“Untuk cabai, hasil panen kali ini 40 kg sedangkan tomat 115 kg. Untuk hasilnya dijual keliling dan dibeli oleh masyarakat dan sebagian oleh ASN dengan harga 50 ribu per kilogram untuk cabai dan 7500 rupiah untuk tomat,” jelas Fenty.

Ia pun berharap, hasil yang didapat pada panen perdana tersebut akan lebih meningkat dalam satu periode pemanenan berikutnya.

“Yang paling utama dalam gerakan ASN menanam ini yang merupakan inisiasi Pak Wali Kota untuk mengajak masyarakat umum, pelaku utama usaha khususnya petani agar termotivasi untuk menanam Cabai dan tomat, sehingga dengan adanya inflasi, masyarakat bisa menanam sendiri tanaman cepat panen,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Asisten I Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu, Nasli Paputungan, S.E., Asisten III Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu, Moch. Agung Adati, S.T., M.Si., para Staf Khusus, para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, para pengurus Tim Penggerak PKK Kota Kotamobagu serta Aparatur Sipil Negara dilingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu.
(Ida)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.