Selain Tidak Pasang Plang Informasi APBDes, Kades Perkebunan Membang Muda Juga Diduga Tidak Perhatikan Kondisi Bendera.

0
18

Detotabuan.com, LABURA.

Kepala Desa Perkebunan Membang Muda, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara diduga tidak transparan dalam penggunaan APBDes dan tidak memperhatikan kondisi bendera merah putih.

Berdasarkan pantauan di kantor Desa Perkebunan Membang Muda pada Kamis (21/3/2024), selain tidak menemukan adanya papan informasi terkait penggunaan APBDes tahun 2023, sejumlah wartawan/jurnalis juga melihat kondisi bendera merah putih yang terpasang juga tampak telah usang.

Menanggapi hal tersebut, sejumlah aktivis di wilayah Kabupaten Labuhanbatu Utara sangat menyayangkan tindakan yang dilakukan oleh Kepala Desa Perkebunan Membang Muda tersebut.

“Seharusnya, Kepala Desa Perkebunan Membang Muda mengerti dan memahami aturan yang menyatakan jika Pemerintah Desa wajib memasang dan mempublikasi anggaran Dana Desa (DD) dan anggaran Dana Desa (ADD) pada setiap tahunnya,” jelas Habib didampingi sejumlah aktivis lainnya.

Mereka menjelaskan jika informasi dan publikasi penggunaan anggaran DD dan ADD tersebut telah diatur dalam Undang- Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Amanat dari Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa serta Peraturan Menteri Dalam Negeri No 73 tentang Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa.

Disamping itu, lanjut mereka, Kepala Desa Perkebunan Membang Muda juga diharapkan harus mengerti terhadap kondisi bendera merah putih yang akan dikibarkan pada setiap hari di kantor Desa tersebut.

“Jangan sampai, kondisi bendera merah putih yang telah usang dipasang di kantor Desa tersebut. Jika kondisinya telah usang, segera diganti dengan yang baru,” tegas mereka.

Mereka berharap kepada pihak Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara dan instansi terkait agar segera memperhatikan kinerja Kepala Desa Perkebunan Membang Muda tersebut.

Terpisah, Kepala Desa Perkebunan Membang Muda, Akmal akhirnya berkomentar saat dikonfirmasi melalui via aplikasi WhatsApp.

“Maaf bang baru saya balas. Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih sudah diingatkan. Yang pertama terkait plang masih dalam proses pencetakan. Dan selanjutnya terkait bendera, besok kita tindaklanjuti, sekali lagi terimakasih abangda 🙏,” tulisnya.

(Tim)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.