Tahun Ini, Marsidi Optimis Puskesmas Nuangan Terakreditasi 

0
607
BOLTIM, DETOTABUAN.COM – Pada tahun 2017, Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), siapkan berbagai kebutuhan sebagai persyaratan menjadi Puskesmas yang terakreditasi, sebab sejauh ini, Puskesmas tersebut masih sangat kekurangan sarana dan prasarana, sehingga di awal tahun ini, mereka menyiapkan berbagai kebutuhan kelengkapan administrasi.
Kepala Puskesmas Nuangan viera Paputungan Amd Keb. Mengatakan, saat ini pihaknya sedang persiapkan kebutuhan untuk persyaratan administrasi penilaian puskesmas terakreditasi.
”Tahun ini, puskesmas nuangan dipersiapkan menjadi Puskesmas yang terakreditasi, sehingga kita sedang berbenah,” ungkapnya beberapa waktu lalu kepada sejumlah awak media.
Lanjutnya, saat ini diketahui mereka masih sangat kekurangan fasilitas, baik sarana maupun prasarana sehingga perlu dilakukan perbaikan. ”Banyak yang belum lengkap, terutama Dokumen penunjang antara lain  fasilitas SPAL maupun sampah Medis, fasilitas ini sangat penting pada penilaian nanti,” tambahnya.
Selain itu, dirinya juga mengatakan, adapun persiapan Puskesmas nuangan dalam menghadapi penilaian Akreditasi, baru sekitar 30 Persen. ”Saat ini kita baru miliki Laboratorium, ruangan Anak, ruang Perawatan Wanita maupun Pria, ruang bersalin, dokter pun hanya 9 orang, hanya Dua diantaranya yang sudah pegawai Daerah, tenaga teknis pun hanya tiga Orang di Puskesmas ini sisanya hanya tenaga Sukarela, sehingga kami berharap ada perhatian lebih, agar kedepan puskesma ini bisa layak di Akreditasi,” ungkapnya.
Menanggapi perihal tersebut, Terpisah kepala dinas kesehatan Eko Marsidi mengatakan, akan mengupayakan kelengkapan tiap puskesmas yang akan di akreditasi.
”Tahun ini akan kita upayakan agar terpenuhi semua kebutuhan puskesmas di tiap kecamatan yang dipersiapkan untuk di akreditasi,” kata Eko Marsidi.
Menurutnya, Pihaknya saat ini mengupayakan agar semua puskesmas akan terakreditasi, agar pelayanan kepada masyarakat bisa lebih maksimal.
”Tahun 2016 ada Dua yang sudah di nilai, diantaranya puskesmas Modayag dan Kotabunan, kita tinggal menunggu hasilnya, sedangkan di tahun ini dipersiapkan puskesmas nuangan dan tutuyan,” singkatnya. (Fery)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.