Tingkatkan Kecerdasan Spiritual dan Bentuk Karakter Siswa, Ini yang Dilakukan SMP N 1 Losarang

0
22

DETOTABUAN.COM,INDRAMAYU– Sekolah sebagai lembaga pendidikan adalah salah satu sumber daya yang penting. Sambil mengevaluasi tujuan, sangatlah penting untuk menyusun kurikulum yang secara jelas memuat pendidikan karakter.

Pendidikan karakter adalah pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak yang bertujuan mengembangkan kemampuan seluruh warga sekolah untuk memberikan keputusan baik-buruk, keteladanan, memelihara apa yang baik dan mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati.

Pentingnya pendidikan karakter bagi masyarakat Indonesia, haruslah ditanamkan sejak dini pada seluruh masyarakat Indonesia. Pendidikan karakter yang baik memiliki beberapa syarat dan indikator penting yang harus dicapai demi terwujudnya masyarakat dengan karakter yang baik.

“Sesuai dengan Visi Sineglos Restu dan implementasi Profil Pelajar Pancasila juga selaras dengan Visi Indramayu Bermartabat,” ujar Kepasek SMP Negeri I Losarang Misriyah. S.Pd M.Pd melalui Bagian Humas Koiman, S.Pd, saat di temui awak media diruangannya, Kamis (26/01/ 2023).

Untuk mewujidkan hal itu kata Koiman, pada Jam ke-0 sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai, diisi dengan sholat Dhuha/ngaji bersama hafalan doa Dhuha dan asmaul husna, rutinan yassinan setiap Jumat, Sholat duhur berjamaah/sholat Jumat , menyanyikan lagu Indonesia raya dan Literasi.

Selanjutnya kata dia, untuk kegiatan goo green dilaksanakan setiap minggu Ke-1 dan Ke-3, senam sehat setiap minggu ke-2, sarapan bersama siswa dan guru dalam rangka menjalin keakraban, Jumat berkah setiap bulan sekali, memberi santunan kepada siswa yatim-piatu, pengembangan bakat dan minat siswa berupa ekstrakurikuler dan olahraga berprestasi.

“Untuk itu, kami meminta dukungan kepada semua pihak semoga kami bisa membimbing dan mendidik anak-anak kami sebanyak 1.025 siswa, kelak menjadi siswa yang tangguh, unggul dan sukses dikemudian hari,” harap Koiman, S. Pd.

(Yanto)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.