TP PKK Bolmong Juara I Tingkat Provinsi Penanganan Stunting

0
91
TP PKK Bolmong Terima Hadiah Penghargaan

BOLMONG, DETOTABUAN.COM –
Ketua TP PKK Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Ny Iryanti Suleha Mokodompit Uswanas S.Sos dan jajaran pengurus PKK tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa, telah mempersembahkan prestasi terbaik yang membanggakan untuk daerah dan masyarakat.

Pada kegiatan lomba TP PKK tingkat Provinsi Sulawesi Utara, TP PKK Bolaang Mongondow berhasil meraih dua gelar juara dan mencatatkan nama Bolmong dalam sejarah perjalanan TP PKK Provinsi Sulut.

TP PKK Bolmong

Prestasi ini tak lepas dari peran aktif dan kekompakan Ketua TP PKK Ny Iryanti Suleha Mokodompit Uswanas S.Sos dan jajaran pengurus dari Kabupaten, Kecamatan dan Desa. Mereka memiliki semangat yang sama dalam memajukan program PKK.

Dua gelar juara ini adalah juara I Penanganan dan Pencegahan Stunting dan juara III lomba Pola Asuh Anak dan Remaja Era Digital (PAAREDI). Sedangkan Desa yang ikut terlibat mempersembahkan prestasi ini adalah Desa Mopait Kecamatan Lolayan dan Desa Poigar dua Kecamatan Poigar.

Hadiah diserahkan langsung Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Utara Ir Ny Rita M Dondokambey Tamuntuan kepada Ketua TP PKK Bolmong Ny Iryanti Suleha Mokodompit Uswanas, didampingi Sangadi Mopait bersama Ketua TP PKK Desa Mopait Haeriah Toloy, Camat Poigar Alfina Sumenda bersama Ketua TP PKK Kecamatan Poigar Valentino Toloh, bertempat di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut.

Desa Mopait mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp7.500.000, piagam penghargaan dan tropy tetap dari TP PKK Provinsi Sulawesi Utara. Demikian juga dengan Desa Poigar dua, mendapatkan uang tunai sebesar Rp2.500.000, piagam penghargaan dan tropy tetap.

Pemerintah desa dan penggerak pkk desa dibawah pimpinan ketua tp pkk Ibu Haeriah Toloy sangat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT, yang telah meridhoi desa mopait menjadi juara 1 tingkat propinsi sulut, pada kategori tingkat kabupaten dalam percepatan penanganan stunting di desa,” kata Sangadi Mopait Suryadi Datundugon.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Ketua TP PKK Kabupaten Bolmong Ny Iryanti Suleha Mokodompit Uswanas S.Sos, yang memberikan bimbingan dan arahan bagi TP PKK Desa Mopait sehingga berhasil meraih juara 1 tingkat Kabupaten se Sulut.

“Pemerintah desa sangat berterima kasih kepada ketua tp pkk kabupaten bolmong Ny Iryanti Suleha Mokodompit Uswanas S.Sos yang telah sepenuh hati memberikan arahan, bimbingan serta support kepada desa mopait dalam percepatan penanganan stunting di desa,” ujarnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Sangadi Mopait kepada Dinas Kesehatan, Ketua TP PKK Kecamatan Lolayan, Puskesmas Tungoi.

“Dan, terima kasih kepada kepala dinas kesehatan bolmong, ketua tp pkk kecamatan lolayan Ibu Luly Tintra Sari Andu SPd serta seluruh pertugas medis puskesmas tungoi yang telah setia mendampingi ketua tp pkk desa dan posyandu desa mopait dalam mengikuti lomba,” tambahnya.

Sangadi Mopait Suryadi Datundugon pun memberikan apresiasi atas dukungan berbagai pihak saat pelaksanaan lomba sehingga Mopait berhasil menjadi juara tingkat Provinsi Sulut.

“Terima kasih kepada seluruh ibu-ibu pkk, petugas posyandu, pokja 2 pkk di desa mopait dan dukungan penuh seluruh lembaga desa dan masyarakat yang bekerja keras dalam melaksanakan tugasnya, sehingga pada akhirnya desa mopait menjadi juara pada lomba keluarga sehat tangguh dan tanggap cegah stunting,” kata Sangadi Mopait.

Dia pun berharap, prestasi yang diraih Desa Mopait akan terus dipertahankan dan ditingkatkan. Sehingga, pada saat lomba yang sama kembali dilaksanakan pada tahun mendatang, akan kembali menjadi pemenang. Disisi lain Sangadi Mopait memberikan motivasi kepada desa lainya di Bolmong agar dapat meraih prestasi yang sama.

“Harapan kami, semoga hasil yang dicapai sebagai juara dapat ditingkatkan, dipertahankan kedepan dan dapat menjadi tolok ukur kepada desa-desa lainnya dalam berkarya mewujudkan desa tanggap tangguh cegah stunting di kec lolayan khususnya dan di tingkat kabupaten bolmong pada umumnya,” ungkap Sangadi Mopait.

Sangadi Mopait Suryadi Datundugon juga menyampaikan, sebagaimana desa desa lainnya dalam penanganan stunting di desa maka, upaya pemerintah desa adalah mendukung alokasi anggaran pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES).

 

“Dukungan pemerintah desa adalah menganggarkan pembiayaan penanganan stunting dan dimuat alam rencana kerja pemdes melalui APBDES yang tertata di dana desa,” tandasnya.

Camat Poigar Alfina Sumenda bersama Ketua TP PKK Kecamatan Poigar Valentino Toloh, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua TP-PKK Kabupaten Bolaang Mongondow Ny Iryanty Suleha Mokodompit Uswasnas S.Sos beserta Ibu Sekretaris TP-PKK dan ketua Pokja I dan jajaran.

 

“Karena dari 200 desa di kabupaten bolaang mongondow telah mempercayakan desa poigar dua sebagai pilot project lomba PAAREDI PKK kecamatan poigar,” jelas Camat, Sabtu (17/12/2022).

Dia menambahkan, prestasi yang dicapai Desa Poigar dua merupakan prestasi seluruh masyarakat di Kecamatan Poigar dan masyarakat Bolaang Mongondow.

 

“Keberhasilan yang diraih tak lepas dari dukungan dan motivasi dari Ibu ketua TP PKK bolaang mongondow,” tandasnya.

Seperti diketahui, penyerahan hadiah diberikan langsung Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Utara Ir Ny Rita M Dondokambey Tamuntuan kepada Ketua TP PKK Bolaang Mongondow Ny Iryanti Suleha Mokodompit Uswanas S.Sos. (*).

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.