Perkuat Peran dan Fungsi, Kader Posyandu dan KPM se-Kabupaten Bolsel Ikut Bimtek

oleh -243 Dilihat
oleh

Detotabuan.com,BOLSEL – Bupati H. Iskandar Kamaru SPt, MSi didampingi Sekertaris Daerah M. Arvan Ohy SSTP, MAP, Asisten I Alsyafri Kadullah dan Kadis PMD Ramli Abdul Madjid SPd, MSi membuka kegiatan Bimbingan Teknis Kader Posyandu dan Kader Pembangunan manusia (KPM) se-Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemudian pembacaan doa yang dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada perwakilan kader.

Setelah itu, laporan panitia yang mana dijelaskan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan adalah UU No. 3 tahun 2024 Tentang Perubahan ke dua UU No. 6 tahun 2014 Tentang Desa, Permendes No. 7 Tahun 2023 Tentang Rincian Penggunaan Anggaran Desa.

Ditambahkan juga bahwa kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian Pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Stunting, yaitu Aksi 5: Pembinaan Pelaku Percepatan Penurunan Stunting yang termasuk di dalamnya KPM, Kader Posyandu dan TPK.

Saat memberikan arahan, Bupati Iskandar menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan bimtek yang ditujukan khusus kepada para kader posyandu dan KPM di mana ajang ini begitu besar manfaatnya karena menyangkut pemahaman peran fungsi dan tanggung jawab dari kader posyandu dan KPM.

“Sampai saat ini peran kader posyandu dan KPM sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat pedesaan karena dalam layanan posyandu telah tersedia layanan bagi remaja, pasangan usia subur, ibu hamil, ibu menyusui dan lanjut usia serta layanan sosial dasar,” ungkapnya di Swiss-Belhotel Maleosan Manado, Senin (24/6/2024) malam.

“Kader Posyandu dan KPM adalah wadah partisipasi masyarakat yang menjadi mitra dari pemerintah desa dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” imbuhnya.

Lanjut, orang nomor satu Bolsel ini mengajak semua stakeholder kesehatan untuk lebih serius berkomitmen dalam percepatan penurunan stunting di Bolsel melalui kerja nyata, kerja keras ,kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja berkualitas dengan membangun sinergitas, kolaborasi dan akselerasi bersama.

“Saya minta para peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh hingga selesai sehingga nanti akan menambah pemahaman dan wawasan tentang tugas dan fungsinya di lapangan dan semoga kegiatan ini menjadi asbab berkah di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan,” pungkas pemimpin pilihan rakyat ini.

Sebagai informasi, para peserta kegiatan adalah kader posyandu dan petugas penginput data pada aplikasi di seluruh Puskesmas se-Kab. Bolsel di mana tahap pertama pesertanya sebanyak 239 orang dan tahap kedua sejumlah 159 orang. (***)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.