Bupati Janji Tambah Anggaran Pilkada

0
408
Pemkab Bolmong Janji Tambah Anggaran Pilkada
Salihi B Mokodongan
BOLMONG,DETOTABUAN.COM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) berjanji akan menambah anggaran Pilkada Bolmong 2017. Akan tetapi penambahan akan dilakukan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) nanti. Menyusul direalisasinya anggaran Pilkada Bolmong oleh pemkab hanya Rp19 miliar, padahal usulan KPU Bolmong adalah Rp28,5 miliar. “Untuk sisa anggaran tetap akan kami upayakan lewat APBD-P tahun 2016 atau lewat APBD tahun 2017 nanti,” kata Bupati Bolmong Hi Salihi Mokodongan.

Salihi juga menjelaskan kalau dalam NPHD ada klausul pasal yang menjelaskan, bilamana terdapat kekeliruan maka bisa diperbaiki kembali. ”Ini tentu bisa jadi pegangan pihak KPU, jika anggaran Pemilukada nanti tidak mencukupi,” ungkap Mokodongan.

Dirinya juga menambahkan, untuk penambahan tidak bisa dilakukan sekarang, anggaran sebesar Rp 19 miliar tersebut, sudah tertata dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2016. “Sesuai dengan hasil pembahasan bersama dengan DPRD Bolmong, untuk besaran anggaran dalam APBD 2016, Rp 19 miliar,” tambanya

Pemkab Bolmong tidak mau mengambil resiko dengan menambahkan jumlah tersebut tanpa melalui pembicaraan bersama dengan DPRD. ”Kami tidak ingin mengambil resiko jika penambahan anggaran belum dibicarakan bersama dengan DPRD,” tukas Mokodongan.

Sementara itu, Ketua KPUD Bolmong, Fahmi Gobel, ketika dikonfirmasi via telepon genggam mengatakan, pihaknya tidak menandatangani NPHD untuk KPU tersebut, karena tidak jelasnya poin penambahan anggaran. “Kita mengambil contoh saja di Sangihe. Anggaran tahapan Pemilukada di daerah tersebut, yang tertuang dalam APBD tahun2016 memang tidak mencukupi. Namun dalam NPHD-nya, jelas tertuang penambahan anggaran dalam APBDP 2016 berapa jumlahnya begitu juga di APBD 2017 hingga usulan anggaranya terpenuhi. Tapi, kalau di Bolmong, tidak jelas poin penambahan anggaranya bagaimana. Jadi kami tidak mau mengambil resiko menandatangani draf itu,” tutupnya. (Tr2)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.