Bupati Limi Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Lolak

0
108
Jokowi saat resmikan bendungan Lolak

DETOTABUAN.COM, BOLMONG – Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir Limi Mokodompit MM, mendampingi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) Meresmikan Bendungan Lolak, Bolmong, Jumat (23/2/2024).

Turut mendampingi Jokowi Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, para Menteri diantaranya Menteri BUMN Erik Tohir, Menteri Perhubungan, Menteri ATR dan BPN Agus Harimurti Yudoyono, Menteri PUPR, Anggota Komisi V DPR RI, dan jajaran kepala daerah Bupati Bolmut Sirajudin Lasena, Bupati Boltim Sahrul Mamonto, Pj Walikota Kotamobagu Asripan Nani dan pejabat pimpinan OPD Pemkab Bolmong.

Jokowi, mendarat bendungan Lolak dengan menggunakan Helikopter. Disambut dengan adat Bolmong.
Dalam sambutan Jokowi, menyampaikan kedepan terkait urusan air dan energi. Ini akan menjadi persoalan besar jika tidak disiapkan dan dikelola dari sekarang.

Penandatanganan prasasti bendungan Lolak oleh Jokowi

“Supaya kita tau, kita memiliki 4.400 sungai tetapi kita baru memiliki 292 bendungan,” kata Jokowi.

Ia mengatakan untuk intrasi atau pembanding NRT China memiliki 9.082 bendungan, Korea Selatan memiliki 20.000 bendungan. Kata dia, bendungan Lolak ini, hampir sama dengan bendungan daerah lain dengan kapasitas air yang sama.

“Kita baru memiliki 292 bendungan, masih jauh sekali, olehnya pengelolaan air ini untuk menjadi konsentrasi kita,” ujar Jokowi.

Untuk itu, Bendungan Lolak ini yang akan bisa menampung 16 juta meter kubik, bisa mengairi sawah kurang lebih 2.200 hektar.

Ia berharap air yang di negara kita, untuk dapat dikelola dengan baik, sehingga bermanfaat seperti bendungan Lolak ini akan menjadi air baku bagi masyarakat di Bolmong. Bahkan kata Jokowi, bendungan Lolak ini bisa mereduksi banjir sampai 29 persen dan listrik ecohydro.

“Apalagi saya dengar tadi dari pak gubernur Bolmong ini, lumbung padinya Sulut. Untuk itu saya harapkan bendungan Lolak ini bisa bermanfaat bagi kita semuanya,” tutur orang Nomor satu di negara ini.

Ia pun berharap bendungan Lolak ini akan mengairi sawah di Bolmong dan tentu meningkatkan produksi padi.

“Sekali lagi kita masih sangat kekurangan bendungan air. Mudah – mudahan tahap demi tahap semuanya akan berproses dan bisa diatasi,” tandas Jokowi.

Pelepasan benih ikan oleh Jokowi

Sementara itu, Bupati Bolmong Limi Mokodompit, menyampaikan apresiasi kepada pemerintah pusat yang telah membangun bendungan Lolak di Bolmong.
Limi pun mengucapkan terima kasih atas kehadiran presiden RI Jokowi, untuk meresmikan bendungan di Lolak.

“Ini suatu kebanggaan bagi kita semua bisa ada bendungan Lolak, yang megah dan tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat Bolmong,” tutupnya.

Diketahui, bendungan Lolak tersebut dibangun tahun 2015 dan selesai dibangun tahun 2023. Dengan total anggaran pembangunan bendungan air Rp 2 Triliun lebih.

Usai meresmikan bendungan Lolak Jokowi, meninjau dan melepaskan benih ikan. (Yono).

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.