Pemerintah Siagakan 200 Pos Imunisasi Polio se-Bolmong

0
386

BOLMONG,DETOTABUAN.COM-Bulan Maret ini terhitung sejak tanggal 8-15, pemerintah pusat mengadakan Pekan Imunisasi nasional (PIN) yang dilaksanakan serentak secara Nasional, tidak terkecuali Kabupaten Bolaang Mongondow.

Di Bolaang Mongondow sendiri, Pemkab melalui Dinas Kesehatan menyediakan 200 Pos Imunisasi. Seperti yang dikatakan kepala Dinas Kesehatan Bolmong (07/03)

“Selain 200 pos PIN tersebut ada juga 16 Puskesmas yang tersebar di 15 Kecamatan hingga saat ini terus siap untuk memberikan pelayakan pemberian imunisasi polio kepada balita,” Jelas Rudiawan.

Selain itu, Rudiawan juga mengatakan, jika dalam sat desa Pemerintah menyediakan satu pos untuk melayani para peserta.

“Jadi jika dikalkulasi, maka ada 1 pos di tiap desa yang siaga. Selain itu ada 1 Puskesmas juga di tiap Kecamatan yang tetap siap melayani masyarakat yang membawa balita mereka untuk di imunisasi,” tambahnya,

Penyakit Polio dalam bahasa kedokterannya disebut Poliomielitis atau  penyakit kelumpuhan yang disebabkan oleh virus tertentu.

“Virus itu dinamakan Poliovirus (PV). Dimana, virus tersebut masuk melalui mulut dan menginfeksi saluran usus, dan bisa sampai ke aliran darah yang mengalir ke sistem saraf lantas menyebabkan kelemahan otot dan kelumpuhan,” Tutup rudiawan (Oct)

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.