BPSDMP Kominfo Manado dan Dinas Koperasi, UKM, Transnaker Bolsel Gelar Pelatihan DEA-Kelas Dasar

0
92

BOLSEL,DETOTABUAN – Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Kementerian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Manado bekerjasama dengan Dinas Koperasi, UKM, Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Bolsel menyelenggarakan kegiatan Digital Enterpreneurship Academy (DEA), Senin (20/3/2023).

Kegiatan yang diikuti oleh 100 orang pelaku UMKM se-Kab. Bolsel ini dilaksanakan di Gedung BPU Kantor Camat Bolaang Uki, Desa Molibagu pada Senin (20/3/2023) dan dibagi dalam 2 kelas pelatihan yaitu: 1) Kelas Wirausahaan Digital, dan 2) Pemasaran Digital Dasar.

Kepala Balai BPSDM Kominfo Manado Darsa Jaya Hedar MAP dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk mengatasi kesenjangan talenta digital (digital talent gap) di Indonesia, Kementerian Kominfo bersama ekosistem terkait tengah melakukan percepatan pembangunan infrastruktur telekomunikasi serta pengembangan SDM.

Kemkominfo saat ini mempunyai Program Pengembangan SDM unggulan yaitu Digital Talent Scholarship (DTS) yang bertujuan untuk memberi pelatihan dan sertifikasi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) guna meningkatkan kompetensi masyarakat di bidang tersebut.

“Ada 8 akademi DTS yang sedang kami jalankan. Kegiatan hari ini adalah salah satu dari 8 akademi tersebut yaitu Digital Enterpreneurship Academy (DEA) dengan Skema Pemasaran Digital Dasar yang merupakan program pelatihan pengembangan SDM bagi pelaku UMKM,” kata Kepala Balai.

“Pelatihan DTA-Kelas Dasar ini merupakan pelatihan bagi digipreneur pemula dalam rangka mempersiapkan pengusaha tangguh untuk meningkatkan bisnisnya dengan memanfaatkan teknologi. Semoga melalui pelatihan ini para peserta mampu memahami dasar-dasar keamanan kewirausahaan digital, mampu melakukan adopsi digital dalam bisnisnya dan mampu memahami pemasaran konten dan mengelola media sosial,” lanjut dia.

Di tempat yang sama, Kadis Koperasi, UKM, Transmigrasi dan Tenaga Kerja Moh. Basri Sutrimo SSTP atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kepala BPSDMP Kominfo Manado beserta jajaran yang sudah mengagendakan kegiatan penting ini di Bolsel.

“Terima kasih Pak Kepala Balai dan jajaran yang sudah menyelenggarakan pelatihan DTA di Bolsel. Kami berharap masih ada lagi kegiatan-kegiatan serupa terkait peningkatan kapasitas pelaku UMKM yang diagendakan di sini,” ujar Kadis Basri seraya meminta para peserta mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh agar mendapat wawasan dan ketrampilan baru terkait Digital Enterpreneurship.

Tampil sebagai pemateri kegiatan, Tim Pengajar DEA BPSDM Kominfo Manado, Kabid Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi dan UMKM Bolsel, Kabid PIP Diskominfo Bolsel Hirsan Moogangga. (***/Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.