Buka Musrenbang Kecamatan Pintim, Sekda Arvan Paparkan 6 Program Prioritas Pemda Bolsel di 2024

0
24
Sekda Bolsel Arvan Ohy, S.STP, M.AP saat membuka Musrenbang di Kecamatan Pintim (Foto : Diskominfo Bolsel)

BOLSEL,DETOTABUAN.COM – Tahapan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kab. Bolsel T.A 2024 resmi dimulai. Pinolosian Timur (Pintim) menjadi daerah pertama yang menggelar Musrenbang Kecamatan dan dilaksanakan di Desa Perjuangan Rabu (18/1/2023).

Pimpinan OPD Bolsel menghadiri pelaksanaan Musrenbang di Pintim (Foto : Diskominfo Bolsel)

Bupati H. Iskandar Kamaru SPt.,M.Si., yang diwakili oleh Sekda M. Arvan Ohy SSTP., M.AP., mengatakan, penyusunan RKPD tahun 2024 harus memperhatikan tiga isu penting yaitu Pemilu Serentak 2024, penyusunan dokumen Rencana Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045, dan penyusunan RPJMD Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Pemilu 2024.

Peserta Musrenbang di Kec Pintim tampak antusias mengikuti kegiatan.

“Sudah pasti ketiga hal tersebut akan menambah beban belanja pada APBD 2024 nanti. Olehnya, saya berharap para Sangadi dapat memaksimalkan lagi program yang dibiayai melalui APBDes dan juga mengoptimalkan program-program pemberdayaan melalui APBN dan APBD Provinsi seperti program BSPS, program Kotaku, program Pisew dan P3TGAI,” ujar Sekda.

Lanjutnya, saat ini mekanisme pengusulan yang akan disampaikan jika dalam bentuk bantuan langsung harus menyertakan data “by name by address”. Demikian pula dengan usulan kegiatan fisik, harus disertai proposal dan foto lokasi dan di upload ke dalam sistem informasi pemerintah daerah (SIPD).

Sekda Arvan menambahkan, bahwa sesuai dengan dokumen RPJMD 2021-2026 pada tahun 2024 nanti tema pembangunan adalah “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dengan Pemerataan Pembangunan yang Berkelanjutan” dengan prioritas pembangunan sebagai berikut:

1. percepatan penanggulangan kemiskinan.
2. percepatan pembangunan infrastruktur ekonomi dan infrastruktur sosial.
3. pengelolaan sumber daya alam dan kualitas lingkungan serta mitigasi bencana
4. peningkatan daya saing UMKM dan koperasi.
5. pemantapan tata kelola pemerintahan dan ketertiban dan keamanan.
6. stabilitas politik daerah yang terjamin.

Foto Bersama Sekda dan Forkopimda usai pelaksanaan Musrenbang di Kec. Pintim

“Mari sama-sama kita sukseskan penyelenggaraan Musrenbang tingkat Kecamatan untuk menjadi bahan masukan dalam penyusunan rancangan RKPD dan rancangan Renja Perangkat Daerah Kabupaten Bolsel tahun 2024,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Ir Ariffin Olii bersama Wakil Ketua dan Anggota lainnya, Asisten II Muh. Suja Alamri SPd, para pimpinan PD bersama jajaran, Camat dan Sangadi se-Kec. Pintim, warga masyarakat dan undangan lainnya. (**/Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.