Bupati Bolsel Terima Penghargaan Kepala Daerah Inovatif Tahun 2019

0
426
Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, SPt.

BOLSEL,DETOTABUAN.COM – Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, SPt menerima Penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif (KDI) Tahun 2019, untuk Kategori Lingkungan Hidup, Kamis (22/8) kemarin.

Penghargaan diserahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang diwakili Plt. Dirjen Otda Kemendagri Akmal Malik bertempat di Halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat.

Wabup Bolsel Deddy Abdul Hamid, hadir mewakili Bupati menerima penghargaan.

Dalam sambutannya, Akmal mengapresiasi pagelaran KDI yang di selenggarakan oleh Koran SINDO dan SINDOnews.com.

Dia berharap acara ini dapat memotivasi para kepala daerah untuk terus mensejahterakan rakyat, memberikan pelayanan dan memiliki daya saing yang tinggi untuk memajukan daerahnya.

Wabup Bolsel foto bersama sejumlah kepala daerah yang menerima anugerah Kepala Daerah Inovatif (KDI) Tahun 2019.

“Kami ingin sampaikan agar kepala daerah maksimal menyajikan inovasi dan kreatifitas. Inovasi harus bisa mendorong kesejahteraan masyarakat, pelayanan dan daya saing. Ini sejatinya,” kata Akmal.

Sementara itu, Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid yang hadir mewakili Bupati mengatakan, ini kali kedua bagi Pemkab Bolsel menerima penghargaan Kepala Daerah Inovatif.

Wabup foto bersama dengan sejumlah kepala OPD dilingkup Pemkab Bolsel

“Tahun 2018 lalu, Pak Hi. Herson Mayulu juga meraih penghargaan sebagai kepala daerah Inovatif untuk kategori Sosial Budaya terkait Program Ibadah Subuh Berjamaah (PISB), dan di tahun 2019 ini Pemkab Bolsel dibawah Kepemimpinan Pak Bupati Iskandar Kamaru mengulang prestasi tersebut, namun untuk kategori bidang Lingkungan Hidup,” ujar Wabup.

Dijelaskannya, penghargaan yang diterima ini, terkait komitmen Pemkab Bolsel dalam upaya konservasi species endemik Maleo dan satwa langka.

“Pemkab Bolsel berkomitmen dalam upaya konservasi species endemik Maleo dan satwa langka secara umum dan penerapan konsep Suistaunable Development yang tertuang dalam Perbup Nomor 76 tahun 2018 tentang Kawasan Pengungsian Satwa yang merupakan satu-satunya di Indonesia,” terangnya.

27 Kepala Daerah se Indonesia yang menerima anugerah KDI 2019

Lebih lanjut kata Wabup, Perbub ini mengatur Deliniasi Penetapan Kawasan APL Tanjung Binerean sebagai Koridor Pengungsian terutama Satwa Burung Maleo, dan juga satwa lain seperti Penyu Hijau, Penyu Belimbing, Tarsius, Burung Rangkong, Buaya dan species lainnya.

Diketahui, selain Bupati Bolsel, ada 4 Gubernur, 16 bupati dan 6 walikota se-Indonesia yang menerima penghargaan KDI 2019 dalam berbagai kategori diantaranya investasi dan ekonomi, sosial budaya, pelayanan masyarakat, infrastruktur dan pembangunan, tata kelola pemerintahan, serta lingkungan hidup.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Sumatera Barat, Ditjen Otda Kemendagri, Ditjen Kementrian PUPR, para Kepala Daerah, baik Gubernur, Wali kota, dan Bupati se-Indonesia.

(ADVE/Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.