Gaji 13 ASN Bolsel Mulai Dibayarkan Hari Ini

0
32

BOLSEL,DETOTABUAN.COM – Pemerintah Kabupaten Bolsel mulai membayarkan gaji 13 ASN, terhitung mulai Jumat 01 Juli 2022 hari ini.

Hal ini sebagaimana disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolsel Marzanzius Arvan Ohy, S.STP, MAP..

“Jadi mulai hari ini tanggal 1 juli 2022, untuk gaji 13 ASN Bolsel, sudah mulai dibayarkan,” kata Arvan.

Pembayaran gaji 13 ASN Bolsel ini, menurutnya, sudah sesuai dengan Juknis yang dikeluarkan pemerintah Pusat.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, bahwa gaji ke-13 bagi para PNS akan cair mulai 1 Juli mendatang, dengan anggaran senilai Rp 35,5 triliun.

Sri Mulyani menjelaskan besaran gaji ke-13 tahun ini juga dipastikan akan lebih besar dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tahun ini, gaji ke-13 akan berisi komponen gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dan tunjangan jabatan, serta 50% tunjangan kinerja.

“Perbedaan dengan 2021 adalah THR dan gaji ke-13 tahun ini ditambah dengan 50% tunjangan kinerja per bulan,” ujarnya sebagaimana dilansir cnnindonesia.com, Selasa (28/6/2022) lalu.

Secara rinci, anggaran yang dialokasikan sebesar Rp 35,5 triliun terdiri dari Rp 11,5 triliun untuk pembayaran gaji ke-13 PNS pusat, TNI, dan Polri. Kemudian untuk PNS daerah sebesar Rp 15 triliun, dan Rp 9 triliun untuk pensiunan PNS.

Bendahara negara ini memastikan, pencairan gaji ke-13 akan dilakukan sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 16 tahun 2022 yang diturunkan ke Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 5 tahun 2022 Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas.

Gaji ke-13 tahun anggaran 2022 akan diberikan kepada seluruh ASN dan pensiunan, yang terdiri dari ASN Pusat sebanyak 1,79 juta pegawai, aparatur negara daerah sebanyak 3,65 juta pegawai dan sebanyak 3,32 juta orang pensiunan.

Pencairan gaji ke-13 dilaksanakan mulai bulan Juli 2022, di mana kementerian/lembaga dapat mengajukan SPM ke KPPN mulai tanggal 24 Juni 2022 dan dapat dicairkan oleh KPPN sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani juga mengapresiasi kepada seluruh ASN yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dedikasi seluruh aparatur negara yang telah melaksanakan tugas untuk tetap memberikan pelayanan dan berkontribusi terhadap upaya pemulihan ekonomi,” jelas Sri Mulyani.

(Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.