Pesan H2M untuk Iskandar – Deddy ; Sebanyak Apapun Tugas Kalian, Intinya Bagaimana Agar Rakyat Sejahtera

0
34

BOLSEL,DETOTABUAN.COM – Anggota DPR RI Hi. Herson Mayulu, SIP menghadiri kunjungan Kerja Bupati dan Wakil Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru, SPt – Deddy Abdul Hamid, di Kecamatan Tomini, Sabtu (6/03/2021) tadi.

Pada kesempatan itu, mantan Bupati Bolsel 2 periode yang juga pemegang gelar adat Temey Molamahu dan Ti Timenga didaulat untuk memberikan wejangan.

Mengawali sambutannya, Herson mengajak masyarakat untuk mendoakan Bupati dan Wabup Bolsel agar senantiasa Harmonis, kompak, bahu membahu, selangkah, sehati, sepikir, untuk bagaimana Bolsel ini akan lebih maju.

“Banyak tugas yang ada di hadapan kalian (Iskandar-Deddy), namun sebanyak apapun tugas itu, intinya adalah bagaimana rakyat sejahtera. Pepatah cina mengatakan, kalau raja ingin tidur nyenyak, maka rakyat harus kenyang dulu,” ujarnya.

Herson juga memuji perkembangan Kecamatan Tomini meski baru seumur jagung.

“Saya bangga Tomini makin berkembang, itu bukti bahwa masyarakat dan pemerintah bahu membahu membangun kecamatan ini, padahal usianya baru memasuki 5 tahun,” sebutnya.

Herson berharap, beberapa program yang telah direncanakan oleh Bupati dan Wakil Bupati bisa terealisasi tahun ini, apalagi pak Gubernur bersedia memberikan dana pinjaman tanpa bunga sebesar 240 miliar untuk Kabupaten Bolsel.

“Dana itu nantinya untuk peningkatan Puskesmas, peningkatan pasar, jalan kebun, termasuk cita cita pak Bupati dari dulu yaitu pembangunan jalan lingkar milangodaa. Nantinya jalan itu akan tembus ke Tolutu,” sebutnya.

Pogram-program itu kata Herson, sebenarnya menyambung rencana rencana H2M – Bersinar dulu, dikarenakan anggaran Belum mampu, sehingga dibuat secara bertahap.

Pun demikian dalam kapasitas sebagai Anggota DPR RI, Herson mengaku terus memperjuangkan apa yang menjadi kebutuhan kabupaten Bolsel sejak dirinya dilantik sebagai anggota DPR RI.

“Untuk dana tanggap darurat pasca bencana kemarin saja, itu anggarannya sebesar 8,1 miliar. Nantinya untuk penanganan permanennya itu 92 miliar, saat ini sedang ditender paling itu jadi sekitar 60 atau 70an miliar,” ujarnya.

Selanjutnya ada Jembatan Pakuku yang akan dibangun tahun ini, jembatan Sinandaka 1 dan II, peningkatan jalan ibukota dari Polres sampai resting area, kemudian jalan dari RSUD sampai resting area akan perlebar menjadi 24 meter.

“Tahun ini ada juga proyek pemecah ombak Sinombayuga, Bakida, lungkap, penguatan tebing penguatan banjir di Dumagin dengan anggaran 30 Miliar, kemudian BSPS sebesar 14 miliar lebih, untuk 843 penerima, pembangunan 25 rumah nelayan di Tabila’a dengan anggaran 3 miliar lebih, program PISEW serta P3TGAI. Ini saya lakukan, karena saya dipilih untuk mensejahterakan rakyat,” ujarnya.

Sebab itu, Herson meminta masyarakat Tomini agar selalu hidup rukun dan damai dengan menerapkan sikap hidup para leluhur.

“Mari kita hidup rukun dan damai sesuai dengan sikap hidup para leluhur yakni Motolianga, Mopopiyohe dan Mo’oelawa serta senantiasa Modulohupa, Mopo’u Po’u Da’a, Wau Moharagawa,” pinta Herson.

Sebagai daerah yang berbudaya, maka rakyatnya harus menjunjung tinggi adat dan kebudayaan, serta saling menghargai dan menghormati antar sesama dan jangan lupa untuk berterima kasih.

“Karena sikap seperti inilah yang diwariskan oleh para leluhur, sehingga keharmonisan kehidupan masyarakat senantiasa terjaga dengan baik,” terangnya.

Diakhir sambutan, Herson mengajak masyarakat untuk menerapkan Iman, Imun dan Aman dalam menghadapi Pandemi Covid -19.

“Iman itu artinya kita meyakini bahwa semua ini hanya allah yang tau dan hanya allah yang akan memusnahkan. Imun itu adalah menjaga daya tahan tubuh, makan makanan bergizi dan istrahat yang cukup, kemudian Aman itu mengikuti anjuran pemerintah, yaitu pakai masker, jaga jarak,” pungkasnya.

(Tio)