Selangkah Lagi, Festival Pesona Bolsel 2022 Masuk 100 Calender Of Ivent Kemenparekraf RI

0
90

MANADO,DETOTABUAN.COM – Dinas Pariwisata Daerah Provinsi Sulawesi Utara hari ini mengadakan sesi Presentase yang diikuti 15 Dinas Pariwisata se- Kabupaten/Kota via Zoom Meeting, terkait tahapan kurasi seleksi Kharisma Event Nusantara 2022.

Seleksi yang digelar via online ini, dijadwalkan untuk memfilter 10 besar kabupaten/kota yang layak untuk berkompetisi, mendapatkan tiket masuk dalam daftar 100 Calendar of Event yang merupakan chart dari event prestisius tahunan pAriwisata oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Bolsel sendiri mendapatkan kehormatan langsung, untuk mengikuti presentase ini secara online dan offline, di mana Dinas Pariwisata yang dinahkodai oleh Wahyudin Kadullah, S. IP, ME bersama seluruh jajarannya hadir langsung dalam rangka mempresentasekan FESTIVAL PESONA BOLSEL 2022 sebagai Event andalan untuk dimasukkan dalam ‘lamaran’ Kharisma Event Nusantara 2022.

Berbagai macam persyaratan ketat yang telah ditetapkan oleh Kemenparekraf RI, sukses dipenuhi oleh Dinas Pariwisata Bolsel, membuat Festival Pesona Bolsel 2022 akhirnya masuk dalam 10 besar Dinas Pariwisata se- Kabupaten/Kota yang lolos, tahapan seleksi oleh Dinas Pariwisata Provinsi, dan menduduki Ranking tiga.

“Konsistensi, semangat dan substansi presentase dari kadispar Bolsel, memang saya akui. Beliau sukses membuat saya dan para juri yakin, bahwa Bolsel layak mendapat ranking ke-3,” kata Henry Kaitjily, Kepala Dinas Pariwisata Daerah Provinsi Sulawesi Utara.

Henry menambahkan, rencana event Festival Pesona Bolsel 2022, kali ini cukup matang, dan layak untuk diberikan Hats off.

Kepala Dinas Pariwisata Bolsel , Wahyudin Kadullah, S. IP, ME dalam keterangannya mengatakan, bahwa ini merupakan hadiah awal tahun dari Allah SWT untuk Bolsel.

“So nintau mo blg apa, memang tahapannya masih panjang, tapi saya optimis, dengan dukungan dari pemerintah, bersama dengan tim, ini bisa menjadi awal yang baik untuk Festival Pesona Bolsel 2022,” katanya sumringah.

Pria yang terkenal dengan julukan Paduka ini juga menambahkan, ada beberapa point penting terkait rencana Festival Pesona Bolsel 2022 yang akan ditambahkan dan disempurnakan sesuai dengan arahan para juri. Selanjutnya, akan ada tahap kurasi ke jenjang yang lebih ketat, substansial dan tinggi lagi, oleh Kemenparekraf RI.

Sesi seleksi hari ini, menghadiri 4 juri yang sangat berkompeten di Bidang Pariwisata, yakni Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulut, Bapak Henry Kaitjily, Ketua Asita Sulut, Merry Karouwan, Staf Ahli Bidang Pariwisata Dino Gobel, dan Prof. dr. Ir Winda Mercedez Mingkid M. Mar, Sc.

Selanjutnya, akan diadakan pertemuan lagi, mengundang 10 Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota se-Sulut untuk membicarakan lebih lanjit tentang teknis tahapan kurasi oleh Kemenparekraf di Kantor Dinas Pariwisata Daerah Provinsi Sulut.

Berikut 10 Usulan Dispar Kabupaten/Kota se Sulut yang lolos tahapan seleksi oleh Dinas Pariwisata Provinsi ;

1. Manado : Manado Fiesta
2. Bitung : Pesona Selat Lembeh
3. Bolsel : Fest Pesona Bolsel
4. Tomohon : TIFF
5. Talaud : Fest Pulau Sara
6. Kota Kotamobagu : Fest Monuntul
7. Sulut : Mangatasik UPC
8. Kep Sangihe : Fest Pesona Sangihe
9. Sulut : Bunaken Festival
10. Boltim : Boltim Tourism and Culture Festival.

(***)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.