Bupati Boltim Buka Pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten

0
506

BOLTIM,DETOTABUAN.COM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sehan S. Landjar, SH membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) IV tingkat Kabupaten tahun 2016 di Lapangan Bogani Desa Kotabunan, Kecamatan Kotabunan, Jumat (11/3) malam.

Selain Bupati pembukaan MTQ turut dihadiri Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur Drs. Rusdi Gumalangit, Sekretaris Daerah Ir. Hi. Muhammad Assagaf selaku ketua LPTQ, Forum Koordinasi Unsur Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kakanwil Kemenag Sulut, Kakan Kemenag Bolaang Mongondow Timur, pimpinan SKPD, Camat, anggota DPRD, alim ulama, dan masyarakat di Kecamatan Kotabunan.

Sekretaris Panitia kegiatan MTQ, H Muh Ma’mur SAg ini dalam laporannya menyampaikan, maksud dan tujuan kegiatan MTQ adalah untuk mendekatkan jiwa umat Islam kepada Kitab Suci dan meningkatkan semangat membaca, mempelajari, serta mengamalkan nilai-nilai Al Qur’an. “MTQ merupakan perlombaan yang memadukan antara suara merdu, keharmonisan lagu tanpa melanggar Kaidah Hukum bacaan tajwid dan juga sebagai wahana ajang pencari bakat Qori-Qoriah, Hafizd dan Hafizah yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur”,  ujarnya.

Sementara Bupati Bolaang Mongondow Timur dalam sambutannya menghaturkan terima kasih kepada seluruh panitia pelaksana atas terselenggaranya kegiatan MTQ ini. “Saya tentu sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini, kepada seluruh panitia bersama Dewan Hakim, pengurus LPTQ terutama kepada Sekretaris Daerah selaku Ketua LPTQ”, kata Bupati.

Diakhir sambutanya Beliau menghimbau para Dewan Hakim untuk benar-benar memberi penilaian dan memutuskan para juara secara objektif sesuai kemampuan peserta. “Dan kepada seluruh kafilah saya ucapkan selamat berlomba, semoga melalui pelaksanaan MTQ ini dapat terpilih yang betul-betul terbaik dari tiap cabang lomba yang nantinya akan kita utus mewakili Boltim pada jenjang tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan di Kabupaten Minahasa Tenggara, bulan Mei mendatang”, pungkasnya.

Kegiatan yang mengambil tema “melalui MTQ kita wujudkan masyarakat yang gemar membaca, memahami dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an” akan berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 11 s/d 13 maret 2016 dengan Jumlah 80 orang peserta, yang terdiri dari utusan 5 kontingen Kecamatan dengan rincian Kecamatan Modayag Barat sebanyak 17 peserta, Kecamatan Modayag 17 Peserta, Kecamatan Nuangan 8 Peserta, Kecamatan Tutuyan 18 Peserta dan Kecamatan Kotabunan 20 Peserta. Adapun jenis yang dilombakan secara garis besar yaitu Tilawatil Qur’an, Hifdzil Al-Qur’an (Hafal Quran), Khottil Qur’an, Fahmil Qur’an, Sarhil Qur’an, serta Musabaqah Makalah Qur’an.

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.