Dinkes Boltim Lakukan Fogging Cegah Penyebaran DBD

0
371
Tujuh Puskesmas di Boltim Kekurangan Stok Obat
Eko Marsidi
BOLTIM, DETOTABUAN.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menyatakan, bahwa satu orang warga di Kecamatan Motongkad, positif menderita penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).
“Kami sudah simpulkan jika orang itu positif menderita penyakit DBD,” kata Kabid Pengendalian Pemberantasan Penyakit dan Lingkungan Dinkes Boltim, Sammi Rarung ini ketika bersuara kepada media.
Petugas berdasarkan hasil laboratorium, kata dia, menyimpulkan bahwa pasien itu positif terserang penyakit DBD. “Hasil uji sampel daerah pasien positif terserang DBD. Sudah ada langkah preventif dari Dinkes Boltim,” ujarnya.
Sehingga, kata dia, lokasi tempat tinggal pasien dilakukan pengasapan  pada radius 200 meter dari rumah tempat tinggal pasien DBD.
“Kondisi pasien terus dipantau baik itu perawatan di rumah sakit. Kami bersyukur karena pasien cepat ditangani,” jelasnya.
Kepala Dinkes Boltim, Eko Marsidi terpisah dikonfirmasi di ruang kerjanya, menyerukan himbauan kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan lingkungan lewat pola 3 M.
“Mengingat curah hujan tinggi, masyarakat kami imbau terus jaga kebersihan terutama di sekitar tempat tinggal. Terapkan 3M plus, seperti menimbun kaleng atau semacamnya, menguras dan menggosok menekan perkembangan jentik nyamuk,” imbun Eko, Selasa (07/02/2017).
Selain itu, menurutnya saat ini pihak Dinkes Boltim sendiri akan terus melakukan upaya pencegahan DBD dengan cara melakukan fogging ke desa-desa yang berpotensi terjadinya penyakit demam berdarah.
“Dengan melakukan fogging berarti kami dapat mengantisifasi angka penyebaran penyakin ini (DBD),” terangnya. (Fery)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.