Pimpin Apel K3 Nasional, Assagaf Angkatan Kerja Perlu di Tingkatkan

0
430
Sekda Boltim, Ir. Hi. Muhammad Assagaf ketika memimpin apel pelaksanaan K3 Nasional, di halaman Kantor KUD Monotang Desa Lanud
BOLTIM, DETOTABUAN.COM — Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Ir. Hi. Muhammad Assagaf, mengatakan tingkat kompetensi angkatan kerja Indonesia secara rata-rata perlu ditingkatkan.
Hal itu disampaikan Assagaf saat membacakan sambutan menteri tenaga kerja RI, pada pelakanaan apel bulan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, di halaman kantor KUD Nomontang Desa Lanut, Selasa (7/2).
Dikatakannya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik, Jumlah penduduk Indonesia yang bekerja sebanyak 118,41 juta orang dan sekitar 60,24% diantaranya dengan tingkat pendidikan SD dan SMP.
“Dalam era globalisasi, khususnya dalam masyarakat ekonomi Asean (MEA), kesiapan sumber daya manusia sangat penting dalam menghadapi MEA termasuk dalam peningkatan aspek K3,” ujar Assagaf yang didaulat sebagai pemimpin apel.
Lebih lanjut, Birokrat senior tersebut mengatakan, tujuan K3 adalah memberi perlindungan kepada tenaga kerja dan orang yang berada ditempat kerja agar terjamin keselamatan disamping mengendalikan resiko terhadap peralatan, aset dan sumber produksi agar terhindar dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja.
“Tujuan perlindungan K3 dapat terlaksana apabila seluruh unsur yang berada di perusahaan, baik pihak manajemen, serikat pekerja/ serikat buruh dan tenaga kerja/ buruh bersama-sama berkomitmen melaksanakan upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja,” terangnya.
Melalui peringatan bulan K3 Nasional tahun 2017, Assagaf mengajak dan mendorong semua pemangku kepentingan, untuk melakukan upaya-upaya kongkrit terhadap pelaksanaan K3 dilingkungan masing-masing sehingga K3 benar-benar terwujud.
“Peringatan bulan K3 Nasional tahun 2017 ini adalah tanda dimulainya Bulan K3 nasional. Ini sangat tepat dan strategis untuk mendorong semua pihak berpartisipasi aktif membudayakan K3 yang diharapkan menjadi bagian integral dalam pembangunan nasional untuk meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat. Dengan budaya K3 kita tingkatkan kualitas hidup manusia menuju masyarakat yang selamat, sehat dan produktif,” tuturnya.
Tampak hadir, sejumlah pimpinan SKPD di lingkup pemkab boltim, para Camat, Kapolsek Modayag, karyawan PT. JRBM serta KUD Nomontang. (Att/Humas Boltim)