Al-Quran Bahasa Mongondow Diluncurkan November

0
610
Full Day School Belum Pasti Terealisasi
Wakil Walikota Kotamobagu, Jainuddin Damopolii

KOTAMOBAGU, DETOTABUAN.COM – Al-quran bahasa Mongondow diluncurkan November 2016. Demikian diungkapkan Wakil Walikota Kotamobagu, Jainuddin Damopolii kepada detotabuan.com, Rabu (25/05) tadi malam di Hotel Sutan Raja Kotamobagu.

“Saat ini telah memasuki akhir tahapan penerjemahan, tinggal juz 25-30. Dan Al-quran berbahasa Mongondow rencananya akan diluncurkan Bulan November,” ujar Jainuddin.

Menurut Jainuddin, penerjemahan Al-quran tersebut melibatkan pihak Institut Agama Islam Negeri (IAIN) serta pakar bahasa Mongondow se-Bolmong Raya.

“Prosesnya sudah berjalan sejak tahun 2013 silam, jadi memakan waktu 3 tahun,” ucap Jainuddin.

Dijelaskan Jainuddin, kendala utama penerjemahan kitab suci umat Muslim tersebut adalah menemukan padanan kata yang pas dari bahasa Arab ke bahasa Mongondow.

“Karena bahasa Mongondow hanya memiliki sekitar 400 kosakata, sementara bahasa Arab ribuan kosakata. Jadi harus sangat teliti memilih padanan kata, agar tidak terjadi salah pemahaman,” imbuh Jainuddin.

Nantinya, lanjut Jainuddin, Menteri Agama yang akan meluncurkan Al-quran bahasa Mongondow, bersama-sama dengan terjemahan Al-quran beberapa bahasa daerah lainnya.

“Lokasi acara peluncurannya, masih menunggu konfirmasi. Karena rencananya Menteri Agama langsung yang akan meluncurkannya, bersama terjemahan Al-quran bahasa daerah lainnya. Kemungkinan besar di Jakarta,”  tutup Jainuddin. (udi)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.