Ini Penjelasan BMKG Terkait Fenomena Hujan Es di Moyag

0
14642

KOTAMOBAGU,DETOTABUAN.COM – Sabtu (5/10/2019) tadi, warga Desa Moyag, Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu, Provinsi Sulawesi Utara, dihebohkan dengan hujan yang disertai dengan butiran es.

Fenomena tersebut, sempat diabadikan beberapa warga kedalam video berdurasi 1 menit delapan detik, sebagaimana tersebar di media sosial facebook dan grup Whats App (WA).

“Ini adalah hujan es yang turun di Desa Moyag,” ucap seorang pria pengambil video tersebut.

Tampak butiran es yang jatuh di Desa Moyag.

Menanggapi hal itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas II Sam Ratulangi Manado mengatakan, bahwa hujan Es tersebut, disebabkan oleh awan Cumulonimbus (awan vertikal menjulang yang sangat tinggi, padat, dan dapat terjadi Badai petir).

“Hujan Es terjadi karena kristal-kristal es pada puncak awan Cumulonimbus yang turun ke permukaan bumi sebagai hujan tidak semuanya dapat mencair, walaupun melewati suhu yang relatif semakin hangat di dekat permukaan bumi,” ujar Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Kelas II Sam Ratulangi Manado, Carisz Kainama.

Lebih lanjut kata dia, bahwa Fenomena hujan es disertai angin kencang dapat terjadi di daerah tropis seperti Indonesia terutama pada musim peralihan kemarau ke musim penghujan.

“Tapi untuk hujan es, memang jarang terjadi,” pungkasnya.

Berikut Videonya :

(Tio)