Pelatihan SDM Usaha Mikro Berbasis Kompetensi di Bidang Barista, Resmi Dibuka Pj. Wali Kota Kotamobagu

0
29

Detotabuan.com, KOTAMOBAGU – Kegiatan Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) usaha mikro berbasis kompetensi dan uji sertifikasi kompetensi dibidang Barista, secara resmi dibuka Penjabat Wali Kota Kotamobagu Asripan Nani.

Agenda pelatihan yang dilaksanakan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan menengah Republik Indonesia (KemenKop dan UKM) digelar di Sutanraja Hotel Kotamobagu, Rabu (28/2/2024).

Pelatihan yang dilaksanakan sejak 27 Februari sampai dengan 1 Maret 2024 ini diikuti oleh 30 peserta perwakilan dari pengusaha kopi dan juga petani kopi yang ada di Kota Kotamobagu.

Dalam sambutannya, Penjabat Wali Kota Asripan Nani menyampaikan ucapan terima kasih kepada KemenKop dan UKM yang telah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia yang telah memfasilitasi pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia Usaha Mikro Berbasis Kompetensi dan Uji Sertifikasi Kompetensi di Bidang Barista di Kota Kotamobagu, kami sangat mengapresiasi kegiatan – kegiatan seperti ini,” ujar Pj. Wali Kota.

Pj. Asripan Nani menjelaskan kedepan Kota Kotamobagu akan dikembangkan sebagai Kota Jasa, oleh karenanya kegiatan pelatihan sangat tepat dilaksanakan di Kota Kotamobagu.

“Kami berharap kedepan kegiatan–kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan di Kota Kotamobagu, seperti halnya pada 1 Maret mendatang direncanakan Lapangan Kotamobagu akan diresmikan dan kami sudah bekerjasama dengan UMKM. Untuk itu saya berharap teman- teman yang sudah dilatih hari ini dapat menyajikan kopi terbaik karena nantinya akan disediakan gerobak- gerobak yang yang bisa dipakai untuk berjualan disana,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kotamobagu melalui Kepala Bidang Koperasi dan UKM Widarsi Andu S.E mengatakan pemateri dalam pelaksanaan pelatihan tersebut difasilitasi pihak Kementerian dalam hal ini menyediakan nara sumber dari LPK Kompetensi Indonesia yaitu Bapak Andreas dan Yoris Martin yang tergabung dalam Asosiasi Kopi Indonesia.

Andu berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat lebih mengangkat nama barista di Kotamobagu sekaligus tenaga – tenaga kerja dibidang ini akan semakin banyak lagi yang menjadi paham

Turut Hadir dalam kegiatan Fungsional Ahli Madya Pengembang Teknologi Pembelajaran Kementerian Koperasi dan UKM, Republik Indonesia, Rusmin Dempuri, S.E., M.Si., Staf Khusus Wali Kota Kotamobagu Bidang Ekonomi dan Pembangunan, M. Rudy Mokoginta, S.E., M.TP., Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Kotamobagu, Ariono Potabuga, S.Pd,. M.E., dan para peserta kegiatan Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia Usaha Mikro Berbasis Kompetensi dan Uji Sertifikasi Kompetensi di Bidang Barista di Kota Kotamobagu. (Ida)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.