Pentingnya Peran Perempuan Dibidang Politik, DP3A Kotamobagu Gelar Sosialisasi

0
29

KOTAMOBAGU,DETOTABUAN.COM-Pentingnya peran perempuan dibidang politik, Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kotamobagu menggelar advokasi kebijakan dan pendampingan peningkatan partisipasi perempuan, politik, hukum, sosial dan ekonomi, bertempat di Lembah Bening Sinindian, Rabu (29/11/2023).

Kegiatan dirangkaikan dengan sosialisasi peran perempuan di bidang politik yang dibuka Penjabat Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs.Asripan Nani, M.Si.

Pj. Asripan Nani menyampaikan, keterwakilan perempuan di parlemen akan sedikit banyak berpengaruh terhadap kebijakan yang diambil, terutama dalam keberpihakan dan pemberdayaan perempuan.

“Kesetaraan gender itu, menyangkut semua aspek termasuk politik. Kalau dulu perempuan tidak boleh berpolitik karena hanya berkutat dengan pekerjaan di rumah, tetapi saat ini sudah tidak. Untuk itu, dengan adanya kesetaraan gender ini, mudah-mudahan perempuan di Kota Kotamobagu mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan di daerah ini, itu yang kami harap,” ucap Asripan.

Sementara, Kepala Dinas P3A, Sarida Mokoginta, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para peserta terhadap pentingnya peran perempuan di bidang politik.

“Dilatarbelakangi rendahnya angka keterwakilan perempuan di parlemen banyak berpengaruh pada isu kebijakan terhadap kesetaraan gender dan belum mampu merespon masalah utama yang dihadapi oleh perempuan. Untuk itu, komitmen pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan yang berkeadilan gender yakni dengan terus mendorong tercapainya kuota 30 persen keterlibatan perempuan di parlemen serta mengikis kesenjangan gender dalam politik,” terang Sarida.

Turut hadir dalam kegiatan Sekda Kotamobagu Sofyan Mokoginta, Komisioner KPU Kotamobagu Ilmi Khaidir Paputungan, para asisten serta puluhan peserta terdiri dari organisasi perempuan dan calon anggota legislatif perempuan.

(Ida)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.