Pj Asripan Nani Hadiri Penilaian Kinerja Penurunan Stunting 2023 Tingkat Provinsi Sulut

0
23

Detotabuan.com, KOTAMOBAGU – Pejabat (Pj) Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, mengikuti Penilaian Kinerja Penurunan Stunting 2023 tingkat Provinsi Sulawesi Utara yang dilaksanakan di The Sentra Manado, Rabu 29 Mei 2024.

Acara ini bertujuan untuk mengevaluasi dan meningkatkan upaya pemerintah daerah dalam menurunkan angka stunting.

Chelsia Paputungan, ST. ME, Kepala Bappelitbangda Kota Kotamobagu, menjelaskan bahwa penilaian ini dilakukan oleh tim provinsi untuk menilai kinerja yang telah dicapai serta aspek-aspek yang perlu diperbaiki.

“Penilaian ini mencakup pembinaan, pengawasan, dan evaluasi kinerja percepatan penurunan stunting, serta mengenali inovasi yang dapat diimplementasikan di daerah lain,” ujar Chelsia.

Sementara, Muhamad Fahmi Iman, SE, Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappelitbangda Kota Kotamobagu, menambahkan bahwa berbagai langkah telah diambil oleh Tim Percepatan Penurunan Stunting Kota Kotamobagu. Salah satunya adalah inovasi melalui cemilan dahsyat (cegah stunting ibu hamik sampai dengan melahirkan sehat) kampung keluarga berkualitas.

“Program ini menggunakan daun kelor untuk mencegah stunting sejak hulu dengan mengintervensi ibu hamil yang mengalami kekurangan energi kronik dan memberikan edukasi serta makanan tambahan yang memenuhi kebutuhan gizi ibu dan bayi selama kehamilan,” jelas Fahmi.

Penilaian kinerja ini memiliki peran strategis dalam memberikan umpan balik dan motivasi bagi kabupaten/kota untuk meningkatkan anggaran dan kinerja dalam konvergensi percepatan penurunan stunting.

“Pemerintah daerah mendapatkan gambaran yang jelas untuk perbaikan perencanaan dan pelaksanaan program penanganan stunting,” tambah Fahmi.

Acara ini juga dihadiri oleh Tim Penilai Kinerja Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Sulawesi Utara, Ketua TP PKK Kota Kotamobagu Ny. Hj. Siti Fatmah Fitriana Nani Buhang, SE, beserta jajaran pengurus, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kotamobagu Adnan, S.Sos, M.Si, serta perwakilan OPD terkait.

(Alfrieda Serang)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.