Tatong Buka Konsultasi Publik Soal Penyusunan KLHS

0
702
Tatong Buka Konsultasi Publik Soal Penyusunan KLHS
KOTAMOBAGU, DETOTABUAN.COM – Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara membuka secara resmi konsultas publik soal penyusunan KLHS (Kajian Lingkungan Hidup Strategis) rencana detail tata ruang dan pengaturan zonasi Kotamobagu, Selasa (11/10) di ballroom hotel Sutan Raja.
Dalam sambutannya, Tatong mengatakan kajian lingkungan hidup merupakan amanat dari undang-undang no 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan,berupa rangkaian analisis yang sistematis menyeluruh dan partisipatif.
“Dengan kata lain proses kajian lingkungan hidup strategis ini merupakan sebuah bentuk tindakan strategis dalam rangka untuk menuntun,mengatahkan dan menjamin tidak terjadinya efek negatif terhadap lingkungan demi keberlanjutan pembangunan,” ujar Tatong.
Kajian lingkungan hidup strategis, menurut Tatong, harus dapat dilakukan terintegrasi dengan proses perencanaan tata ruang.
“Karena kaidah terpenting dalam proses ini pada suatu wilayah ini adalah pelaksanaan yang bersifat partisifatif,” ucap Tatong.
Hal itu, lanjut Tatong, sangat pentingnya bagi masyarakat agar dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya penataan ruang melalui penataan ruang yang transparan,efektif,dan partisipatif; agar nantinya akan terwujud penataan ruang yang aman,nyaman,dan berkelanjutan.

“Saya mengharapkan peserta dapat berpartisipasi aktif,dalam memberikan saran serta masukan sehingga nantinya penyusunan dokumen kajian lingkungan hidup strategis sebagai persyaratan dalam penetapan ranperda tentang rencana detail tata ruang Kota Kotamobagu menjadi lebih sempurna,” demikian Tatong.

Kegiatan Tersebut turut dihadiri Wakil Walikota Jainuddin Damopolii,Sekretaris kota Tahlis Galang, Ketua DPRD Ahmad Sabir, anggota DPRD Ishak Sugeha, Dr Veronica Kumurur Dosen Universitas Samratulangi Selaku Narasumber, para kepala SKPD, Camat Beserta Sangadi Dan Lurah. (udi)