Linmas Dibekali Teknik Pencegahan Tindak Kejahatan

0
29

KOTAMOBAGU,DETOTABUAN.COM–Pemkot Kotamobagu melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar
Kegiatan serta sosialisasi Kerjasama Dengan Aparat Keamanan Dalam Teknik Pencegahan Tindak Kejahatan, Kamis (12/12).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Walikota Nayodo Kurniawan,serta dihadiri Linmas sebagai peserta Sosialisasi.

Dalam sambutannya Wawali mengatakan Linmas perlu dibekali dengan peralatan pendukung dalam menjalankan tugas mereka.

“Diera kemajuan teknologi dan informasi yang semakin maju selain berdampak positif juga berdampak pada maraknya tindak kejahatan yang semakin mengkhawatirkan,
untuk itu faktor penunjang seperti alat tugas sangat dibutuhkan, misalnya senter untuk keperluan tugas pada malam hari,” kata Nayodo.

Lebih lanjut katanya, gaya dan pola hidup masyarakat saat ini ikut berdampak pada maraknya tidak kejahatan. Untuk itu, diperlukan kewaspadaan dan pencegahan tindak kejahatan. Dikesempatan ini, Nayodo menyoalkan terkait fasilitas pendukung aparat keamanan dan ketertiban di desa dan kelurahan tersebut.

Menurutnya, Linmas perlu memiliki alat pendukung dalam menjalankan tugas mereka seperti senter saat bertugas malam dan peralatan komunikasi serta perlu memiliki nomor-nomor penting untuk dapat dihubungi saat terjadi tindak kejahatan.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol, Irianto Mokoginta berharap, kegiatan ini dapat menambah wawasan anggota Linmas dalam upaya pencegahan tindak kejahatan di lingkungannya masing-masing.

Setiap anggota Linmas perlu mengetahui dasar-dasar teknik pencegahan terutama membaca adanya upaya kejahatan, cecarnya.

Pada kegiatan ini, anggota Linmas memperoleh materi teknik pencegahan tindak kejahatan yang diberikan nara sumber dari pihak Polres Kotamobagu, Kodim 1303 Bolmong dan Kejaksaan Negeri Kotamobagu.

(*Ridel)