Masih Ada Kendala Dalam Pembangunan Waduk Pindol, Wetipo: Kita Targetkan Akhir Tahun 2021 Selesai

0
647
Lokasi Pembangunan Waduk Pindol. (Foto: Indra S. S. Ketangrejo)

BOLMONG,DETOTABUAN.COM– Pembangunan Bedungan/Waduk Pindol, di Desa Pindol, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) ditargetkan selesai akhir tahun 2021 mendatang.

Begitu pernyataan Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia John Wempi Wetipo saat berkunjung ke Bolmong meninjau langsung progres pembangunan Waduk Pindol, Rabu (01/07/2020).

Meski ditargetkan waktu seperti itu, Wamen Wetipo menyebut pembangunan waduk Pindol masih terhalang pembebasan lahan. “Memang ada masalah dalam pembebasan lahan,” bebernya kepada sejumlah wartawan.

Ia menyebut, ada tujuh bidang tanah yang belum dibebaskan. Luas lahan yang belum dibebaskan sebesar 8 hektar. Sementara, lahan yang belum dibebaskan tidak berada pada area utama. “Kita akan selesaikan tahun ini,” ujarnya.

Ia mengimbau warga untuk bisa mendukung proses pembebasan lahan waduk Pindol. “Ini kan semua untuk rakyat juga,” kata dia.

Ditambahkan, selain pembebasan lahan, pembangunan waduk tahun ini terhambat Covid 19. Anggaran sebesar 13 miliar untuk waduk, dialihkan untuk penanganan Covid 19.

Namun, ia menyebut pembangunan Waduk Pindol di Lolak Bolmong akan dipercepat di era new normal. “Targetnya waduk Pindol selesai tahun 2021 mendatang bersamaan dengan waduk Kuwil di Manado,” kata dia.

Lebih lanjut kata dia, Waduk Pindol tersebut, rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, dan Jika hal itu terwujud, akan jadi kali pertama Jokowi berkunjung ke Bolaang Mongondow Raya (BMR). (Ind)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.