Pengumuman Lima Besar PPK Bolmong 15 Februari, Tiga Peserta Dinyatakan Gugur Otomatis

0
403

BOLMONG,DETOTABUAN.COM—  Meski hasil tes belum diumumkan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), memastikan ada tiga peserta seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dinyatakan langsung gugur pada tahapan tes wawancara.

“Iya, ada tiga orang yang gugur,” kata Komisioner KPU Bolmong Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Hasrul Dumambow.

Menurutnya, digugurkannya tiga peserta ini karena dinilai tidak memenuhi syarat peserta tes wawancara, dari 144 peserta yang sebelumnya lulus pada tahapan tes tertulis.

“Tiga peserta itu tidak hadir di saat tes wawancara berlangsung. Sehingga otomatis gugur dengan sendirinya, karena syarat calon anggota harus mengikuti tiap tahapan seleksi,” ujarnya.

Ditambahkan, KPU Bolmong akan mengumumkan hasilnya nanti pada tanggal 15 Februari 2020, sesuai dengan jadwal tahapan pilkada secara nasional. “Pengumuman resminya bersamaan dengan daerah lainnya yang menggelar pilkada,” kata dia.

Dalam pengumuman nanti, tetap dicantum sepuluh nama, namun yang diambil hanya lima besar tiap kecamatan untuk diloloskan menjadi anggota PPK.

“Lima besar itulah yang nanti akan dilantik menjadi anggota PPK. Nanti bersamaan juga diumumkan tanggapan masyarakat,” tutur Hasrul.

Kata dia, lima besar itu yang nanti akan bertugas mengawal tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut di tingkat kecamatan.

Sebelumnya, KPU Bolmong menggelar seleksi wawancara selama tiga hari dimulai sejak 8 hingga 10 Februari 2020, pukul 10.00 Wita hingga selesai di Kantor KPU Bolmong.

Materi seleksi wawancara, meliputi pengetahuan tentang pemilihan mencakup tugas, wewenang, dan kewajiban PPK, penelitian syarat dukungan pasangan calon perorangan, teknis pemungutan suara, penghitungan perolehan suara, dan rekapitulasi.

Ditambah dengan pengetahuan kewilayahan, rekam jejak calon, dan klarifikasi tanggapan masyarakat.  (Ind)