Tak Netral, Plt Kepala Desa Siap-siap Terima Sanksi

0
91

BOLMONG,DETOTABUAN.COM Tahapan pemililihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) terus bergulir. Pelaksana tugas (Plt) kepala desa (Kades) diminta menjaga netralitas sebagai pembina politik di dalam desa.

Hal itu ditegaskan Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang. Menurutnya, Plt Kades itu harus fokus menjalankan roda pemerintahan serta membantu mengsukseskan Pilkades.

“Iya, Plt Kades harus menjaga netralitas dalam momen pilkades ini. Tugas Plt Kades itu mengawasi jalannya tahapan Pilkades bukan memenangkan salah satu calon,” kata Tahlis.

Dia menegaskan, apabila ada kedapatan Plt Kades, mulai tidak netral dalam hajatan pesta demokrasi di tingkat desa ini, silahkan melapor ke pihaknya. “Kita terus mengimbau kepapada Plt Kades yang tersebar di Kabupaten Bolmong. Kalau tidak diindahkan itu sudah kesalahan sendiri, siap-siap menerima sanksi,” tegasnya.

Diketahui, tahapan Pilkades di Kabupaten Bolmong, terus bergulir. Tim seleksi Pilkades telah melaksanakan seleksi tes bagi sebanyak 143 bakal calon (Balon) di 22 desa di Bolmong. Tes seleksi itu berlangsung tiga hari 25-27 September pekan lalu.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bolmong Isnaidin Mamonto mengatakan, mereka telah mengikuti tes yang terdiri atas tes tertulis, wawancara dan kemampuan komunikasi dalam bentuk pidato.

“Iya, tim seleksi masing-masing Sekretaris Daerah, Assisten 1 Setda Bolmong, kadis PMD, Kepala Badan Kesbang, Kepala Dinas pendidikan, Kepala Bagian Hukum, kabid pemdes dan kasi tata pemerintahan desa dinas PMD,” ungkap Isnaidin.

Lanjutnya, hasil seleksi itu akan diserahkan ke desa dalam bentuk peringkat sesuai dengan nilai hasil tes. Katanya, berdasarkan hasil tes seleksi, panitia pilsang tingkat desa akan menetapkan calon sesuai dengan nilai. “Calon yang akan ditetapkan maksimal lima orang atau bakal calon yang memperoleh akumulasi nilai minimal 70,” katanya mengakhiri. (Ind)