Bangun Hubungan Kebudayaan, Perwakilan Keraton Yogyakarta Kunjungi Kotamobagu

0
336
Pemkot Kotamobagu Saat Menerima Kunjungan Keraton Yogyakarta

KOTAMOBAGU, DETOTABUAN.COM – Dengan Maksud membangun hubungan Kebudayaan, serta untuk menyerap aspirasi paguyuban Jawa yang bermukim didaerah lainnya, Perwakilan Keraton Yogyakarta mengunjungi Kota Kotamobagu, Selasa (19/04).

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (DPPKAD) Kotamobagu, Rio Lombone yang turut mendampingi Sekretaris Kota, Tahlis Gallang saat menyambut langsung Akmal Malik, perwakilan Keraton Yogyakarta.

“Dalam pertemuan itu, kami (Pemkot Kotamobagu, Red.) memediasi Paguyuban yang ada di Kotamobagu yakni Morgo Rukun, untuk bertemu langsung dengan perwakilan dari Keraton Yogyakarta,” ujar Rio.

Menurut Rio, Selain Kotamobagu, perwakilan keraton Yogyakarta tersebut akan mengunjungi dua daerah lain di Bolmong Raya, yakni Kabupaten Bolaang Mongondow dan Bolaang Mongondow Timur.

Perwakilan Keraton Yogyakarta, Akmal Malik dalam kunjungan tersebut mengatakan kegiatan tersebut, dilakukan untuk membangun hubungan kebudayaan dengan Pemerintah Daerah di Kotamobagu.

“Yogyakarta mendapatkan dana keistimewaan yang cukup besar. Dimana, nantinya anggaran tersebut akan kita peruntukkan guna pengadaan sejumlah alat-alat kesenian serta pakaian tradisional yang nantinya, direncanakan akan diserahkan juga bagi paguyuwan jawa yang ada di Kotamobagu,” jelas Akmal yang juga merupakan Kasubdit Direktorat Penataan Daerah, Otonomi Khusus dan DPOD Ditjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri.

Lanjut, Akmal mengungkapkan kalau pihaknya pun berencana akan menggelar kegiatan pementasan budaya Jawa, yang nantinya akan dihadiri langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono. (im)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.