Database Kependudukan Online Dipelajari Komisi I DPRD KK

0
355
Anggota Komisi I Dari PKB, Dani Ikbal Mokoginta, SH

KOTAMOBAGU, DETOTABUAN.COM – Sering terjadinya Perbedaan data kependudukan antar instansi seperti antara Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Kelurahan/Desa hingga KPU, diseriusi oleh Komisi I DPRD Kota Kotamobagu.

“Komisi I telah mengagendakan kunjungan ke Disdukcapil Provinsi DKI Jakarta,” ujar salah satu personil Komisi, Dani Ikbal Mokoginta saat bersua detotabuan.com, Selasa (05/04) di ruangan Fraksi Kebangkitan Rakyat.

Dijelaskan Dani,  kunjungan tersebut bertujuan untuk mempelajari database (Basis Data) Kependudukan online di Provinsi DKI jakarta, agar bisa diterapkan di Kotamobagu.

“Hal ini dinilai perlu, karena ada kasus seperti yang terbaru ada perbedaan data penduduk antara Disdukcapil Kotamobagu dan data di Kelurahan Biga,” ungkap Dani.

Lanjut menurut Dani, selain pihaknya merasa curiga kasus tersebut hanya salah satu contoh dari banyak kasus serupa. nantinya akan ada manfaat lain yang bisa diambil terkait database kependudukan tersebut. Karena sistem data sudah merupakan kebutuhan dinamika kehidupan Kota, dimana banyak pendatang hilir mudik di Kotamobagu.

“Nantinya juga akan bermanfaat dalam banyak hal, seperti kesiapan data menghadapi agenda-agenda Nasional seperti Pilpres ataupun Pilkada. Dan untuk mendukung sistem keamanan, mengantisipasi ancaman teroris,” pungkas Dani. (*)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.