Felly Runtuwene Gaungkan Adat Bolaang Mongondow di Rakernas Partai NasDem

0
352
Ketua Komisi XI DPR RI, Felly E. Runtuwene. (Foto : detotabuan/Octav)

JAKARTA,DETOTABUAN.COM – Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) partai NasDem yang baru saja digelar selama tiga hari (15-17 Juni 2021) menyimpulkan 3 nama sebagai bakal calon Presiden pada pilpres 2024 nanti.

3 nama tersebut ialah Anis Baswedan, Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa.

Disisi lain yang menarik, pada apel akbar pembukaan Rakernas yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Ketua DPP Partai NasDem Bidang pembangunan dan infrastruktur, Felly Estelita Runtuwene, SE (FER) terlihat menggunakan pakaian adat Salu (untuk wanita) yang berasal dari suku Mongondow, yang ada di Sulawesi Utara.

Politisi Partai NasDem yang juga ketua Komisi IX DPR RI ini mengatakan,sangat penting dalam kegiatan berskala nasional mengambil kesempatan mempromosikan daerah, salah satunya lewat pakaian adat.

“Mempromosikan daerah ditingkat nasional adalah kewajiban kita, salah satunya lewat pakaian adat. Salu salah satunya yang berasal dari suku Mongondow, yang dahulunya biasa digunakan perempuan bangsawan dan pejabat suku Mongondow, ” jelas FER.

Dahulu, Salu dibuat dari sehelai kain yang dilipat 2 sama, kemudian dilubagi untuk memasukkan kepala sekaligus diukur lengan pada kain itu juga lalu dijahit dengan tangan.

Sekitar pertengahan abad 20 lalu mengalami perubahan dalam mengunting dan menjahitnya, yakni disesuaikan dengan bentuk badan kaum perempuan. Penggunaannya disesuaikan dengan acara yang dihadiri.

Laporan : Octav Singal

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.