Pemkot Kotamobagu Seriusi Usulan Budayawan

0
340
Kotamobagu Bakal Ketambahan Titik Hot Spot
Kadishubbudparkominfo Kota Kotamobagu, Moh. Agung Adati

KOTAMOBAGU, DETOTABUAN.COM – Usulan Budayawan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbangda) Kota Kotamobagu, terkait Warisan Budaya non benda yang hampir punah, mendapat tanggapan positiv  dan akan diseriusi oleh Pemerintah Kota (Pemkot).

Hal itu sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata, Komunikasi dan Informasi (Dishubbudparkominfo), Moch. Agung Adati kepada detotabuan.com, usai pelaksanaan Musrenbangda, Kamis (07/04) di Hotel Sutan Raja Kotamobagu sore tadi.

“Usulan Budayawan ini bagian dari pelestarian budaya, dan akan diusahakan untuk diakomodir dan dimasukkan dalam setiap kegiatan Budaya,” ujar Agung.

Menurut Agung, usulan yang diajukan para Budayawan tersebut  meliputi, Seni Sastra, Seni Suara dan Seni Tari. Dan pihaknya merasa sangat berterima kasih atas usulan-usulan tersebut.

“Tetapi tentunya, akan diinventarisir lebih dulu dan dilakukan pengkajian. Karena saat ini kan Budayawan pelaku seni yang diusulkan belum ada, masih harus dicari dulu,” ucap Agung.

Lanjut dijelaskan Agung, selain mencari pelaku seni tersebut, perlu juga penyusunan synopsis dengan melibatkan para Budayawan.

“Misalnya, salah satu tarian yang diusulkan, seperti tari Ragai. Perlu dibuatkan synopsis, agar kita tau sejarahnya. Dan kegiatan apa, kesenian tersebut  tepat untuk ditampilkan,” pungkas Agung. (*)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.