BIN Tangkap Buronan BLBI

0
314
BIN Tangkap Buronan BLBI
BIN Tangkap Buronan BLBI

NASIONAL, DETOTABUAN.COM -Anggota Komisi III DPR Sufmi Dasco Ahmad mengapresisasi kerja keras Badan Intelijen Negara (BIN), Kepolisian dan Kejaksaan dalam menangkap buronan Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Samadikun Harotno. Dasco menaruh harapan, agar tim tersebut bisa mengejar burunan BLBI lainnya.

Dasco mengatakan, masih banyak buronan BLBI yang bersembunyi di Tiongkok. Mereka adalah Lesmana Basuko, Eko Nudi Putranto, Hary Matalata, Bambang Sumantri, dan lainnya.
“Buronan BLBI sudah mulai lelah kucing-kucingan dengan aparat kita. Ini momen yang tepat untuk mengejar mereka,” kata Dasco dalam keterangan pers kepada wartawan

Menurut informasi yang ia terima, para buronan BLBI menjadi bulan-bulanan mafia di Tiongkok. Mereka diperas karena statusnya sebagai buronan yang paling dicari pemerintah Indonesia.

Mungkin saja, lanjut Dasco, mereka mulai berfikir untuk menyerahkan diri dan menjalani hukuman dari pada terus-terusan bersembunyi.

“BIN harus bisa memanfaatkan seluruh jaringan dan hubungan yang mereka miliki untuk cari info detail tentang keberadaan mereka,” tutur Dasco.

Selain membawa buronan BLBI, Dasco juga meminta BIN untuk bisa membawa aset yang mereka bawa kabur. Menurutnya, pemulangan aset yang dilarikan buronan itu sama pentingnya.

Perlu diketahui, Samadikun divonis empat tahun penjara dalam kasus penyalahgunaan dana talangan dari Bank Indonesia atau BLBI senilai Rp 2,5 triliun yang digelontorkan kepada Bank Modern menyusul krisis finansial 1998.

Samadikun kemudian kabur ke luar negeri dan menjadi buronan Kejaksaan Agung. Sejak 2003, Kepolisian dibantu Interpol melacak keberadaan Samadikun di Singapura, China dan Australia. (metro)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.