Jenius!! Ahok Bakal Sulap Kalijodo Jadi Taman

0
587
Lokasi Kalijodo yang akan disulap jadi Taman

NASIONAL,DETOTABUAN.COM-Penertiban bangunan di Kalijodo membuat kawasan eks lokalisasi ini hanya tersisa puing-puing. Tetapi, kondisi tersebut tidak akan bertahan lama karena wilayah di pinggir kali ini akan disulap menjadi ruang terbuka hijau dengan berbagai fasilitas.

Taman Kalijodo, itulah nama yang dipilih Gubernur DKI Basuki T Purnama (Ahok) untuk mewujudkan kawasan Kalijodo yang baru. Pemprov DKI akan menyulap kawasan yang dulu terkenal dengan hiburan malam ini menjadi taman kota.

Sejarah yang panjang menjadi alasan Kalijodo nantinya akan dijadikan tempat wisata. Sejumlah fasilitas disiapkan, mulai dari jogging track hingga pusat kuliner. Aneka tanaman juga akan menjadikan Kalijodo rindang dan nyaman.

Bagaimana dengan biayanya? Dana pembangunan dari swasta bukan berasal dari program corporate social reponsibility (CSR), melainkan dari sumbangan peningkatan koefisien luas bangunan (KLB) pihak pengembang.

“Pengembang bisa dari proyek reklamasi pulau, bisa juga dari koefisien luas bangunan. (Anggarannya) bisa puluhan miliar rupiah,” kata Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama., seperti dilansir dari detik.com

Ahok tak memusingkan soal dana. Dia menyatakan dana bisa diperoleh lewat kebijakan peningkatan KLB itu. Pihak swasta yang hendak meningkatkan KLB harus membayar ke Pemprov DKI.

“Ketika dia naikkan KLB, oke kamu harus bayar ke kami dalam bentuk pembangunan-pembangunan,” kata Ahok.

Seperti apa wajah baru Kalijodo dalam waktu dekat?

(Detik.com)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.