Bupati Limi Panen Padi Hibrida di Passi Timur

0
36
Bupati Limi Mokodompit MM saat panen padi di desa Pangi Tengah, kecamatan Passi Timur.

BOLMONG, DETOTABUAN.COM – Gerakan Panen Padi sawah hibrida – F1 Farietas Beras Premium, yang digelar di desa Pangi Tengah, kecamatan Passi Timur, Bolmong Selasa (09/8/2022).
Bersama para pimpinan OPD Pemkab Bolmong dan petani sawah desa Pangi Tengah, memulai panen padi hasil Silangan atau hibrida.

Menurut Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM, isu ketahanan pangan merupakan isu nasional bahkan internasional. Ditakutkan para pimpinan dunia bukan senjata tapi kekurangan pangan.
Ia menyampaikan, sektor pertanian khususnya tanaman padi merupakan prioritas utama guna menjaga ketahanan pangan dan menunjang pembangunan yang ada di Kabupaten Bolmong.

Limi menerangkan agar para petani memberikan penungkatab produksi lewat sentuhan teknologi. Baik penggunaan benih, perlakuan, pupuk ataupun pengelolaan usaha taninya.

“Ini tujuan pemerintah dalam meningkatkan produksi per satuan hektar lahan pertanian,” tutur Limi.

Di kesempatan itu, Limi juga mengajak kepada para perani untuk memanfaatkan lahan-lahan tidur atau terbengkalai dengan ditanami tanaman-tanaman pertanian.

“Kalau ada lahan tidur, diisi saja dengan tanaman. Jangan terlebih dahulu memikirkan pasarnya. Karena di sebagian dunia lainnya mengalami krisis pangan pasca covid-19, sehingga kita perlu mengantisipasinya dengan menanam sebanyak-banyaknya di lahan yang ada,” kata Limi

Kata dia, petani Bolmong saat ini tidak perlu khawatir dan ragu, karena Bolmong memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh daerah lain khususnya dibidang pertanian.

“SDA kita yang ada di Bolmong itu sangat berlimpah jika dibandingkan daerah-daerah lainnya,” Kata Limi

Ia mengucapkan terimakasih kepada para pendamping yang sudah mendampingi petani sehingga hasil panen bisa tercapai dengan baik.

“Dengan sama-sama melakukan panen perdana ini semoga bisa menopang kemajuan pertanian dan ketahan pangan di daerah kita. Harus semangat dalam mengolah perkebunan masing-masing,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu pula Bupati Limi Mokodompit turut menyerahkan bantuan mesin traktor dari Dinas Pertanian serta bibit padi varietas SUPPADI 89.

Turut hadir oleh Staf Khusus Gubernur Sulut Firasat Mokodompit, Kepala Dinas Perkebunan Tonny Toligaga, Kepala Dinas Ketahanan Pangan I Wayan Mudiyasa, Kadis Pertanian, Camat Passi Timur, Sangadi Pangian Barat, Pangian Tengah, Sangadi Desa Pangian, para penyuluh pertanian, serta petani. (Yono/***).

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.