Bupati Yasti Serahkan Sertifikat Program PTSL

0
38
Nampak, Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow serahkan sertifikat program PTSL. (Foto: Yono Tungkagi).

BOLMONG, DETOTABUAN.COM – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) bolmong menyerahkan sertifikat program Pendaftaran tanah Sistematis lengkap (PTSL) kepada warga di pelantaran Kantor Bupati Bolmong, Selasa (17/5/2022).

Dalam sambutan Kepala BPN Bolmong Eni Sulastri Darmayanti menyampaikan Untuk penyerahan PTSL saat ini merupakan program tahun 2021 lalu dimana ditahun lalu BPN Bolmong menargetkan 2559, yang sebenarnya target 3500 -an sertifikat. Tapi yang tercapai hanya itu, dimana hanya 70 persen dari target yang diberikan oleh pusat.

“Kami serahkan hari ini ada sekitar 50 sertipikat PTSL, sebenarnya kita masih ada 936 sertifikat lagi yang belum kami serahkan. Tapi ada kendala, kita sudah hubungi sangadinya namun belum ada respon,” kata Eni.

Meski demikian, ia berupaya dalam waktu dekat 936 sertifikat tersebut akan diserahkan. Kata Eni, untuk nelayan target kita ada 50 bidang, yang diserahkan pada saat ini 46 karena 4 bidangnya masuk dalam kawasan hutan, Sehingga tidak bisa diserahkan.

Selain itu, BPN Bolmong juga akan menyerahkan sertifikat Pemkab 7 bidang tanah dan ada juga beberapa sertifikat bidang tanah yang akan diselesaikan.

“Ya mudah – mudahan dalam waktu dekat ini sudah bisa selesai,” ujar Eni.

Ia menambahkan, untuk tahun 2022 target BPN 3000 bidang tanah sertifikat PTSL yang tersebar di wilayah bolmong di 10 desa. Namun bila tidak capai akan bisa di tambah desanya.

“Mohon Bupati dan jajarannya serta DPRD untuk membantu mensosialisasikan program PTSL agar bisa tercapai tahun ini,” pintah Eni.

Selain itu, untuk sertifikat nelayan tahun ini BPN targetkan 100 bidang. Kemudian untuk retribusi tanah kita targetkan 800 bidang jadi jika ditotalkan hampir 4000 sertifikat dari kegiatan PTSL redis maupun rentor nelayan.

“Mudah – mudahan kedepannya kita bisa menuntaskan target itu bersama – sama dukungan penuh dengan Pemkab Bolmong,” harap Eni.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, Camat dan Sangadi yang sudah mensukseskan program PTSL tahun 2021.

“Mudah – mudahan, target saya di hari ulang tahun agraria dan tata ruang nasional pada bulan November 2022 ini, target 3000 sertifikat akan tercapai,” tambah Eni.

Pada kesempatan itu, Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow menyambut baik da memberikan apresiasi terkait sekaligus ucapan terima kasih kepada BPN Bolmong atas pelaksanaan program PTSL.

“Ini tentu tujuannya sebagai upaya dari pemerintah dalam memberikan jaminan dan kepastian hukum serta perlindungan hak atas kepada masyarakat di kabupaten Bolmong,” kata Bupati.

Selain itu juga, Yasti menyampaikan selamat kepada masyarakat Bolmong terutama penerima program sertifikasi  nelayan maupun program PTSL yang pada saat ini menerima sertifikat tanah.

“Saya berharap ditangan kepala BPN Bolmong Eni Sulastri Darmayanti, berbagai permasalahan tanah yang ada dikabupaten Bolmong bisa diselesaikan dengan baik dan tepat waktu,” harap Bupati.

Ia pun meminta, kepada kepala BPN Bolmong yang baru ini untuk terus aktif berkomunikasi dengan Pemkab Bolmong.

“Saya bergembira dan sekali lagi ucapkan selamat atas menerima sertifikat. Jaga baik – baik sertifikatnya,” tutup Yasti. (Yono).

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.