Adinda Kalah, Bombardir Genggam Trophy Sumarsono

0
468

SPORT,DETOTABUAN.COM-Perhelatan Kejuaraan Daerah (Kejurda) Berkuda di Gelanggang Pacuan Kuda Maesa-Tompaso Minahasa, Sabtu (23/01) lalu berlangsung sukses, karena mendapat antusias serta animo postif yang bukan saja datang dari  warga Sulut, namun berbagai daerah di Sulawesi dan Jakarta.

Lomba Kuda Pacu yang dilaksanakan sebanyak Sepuluh Race  itu, dimana Kuda Bombardir dengan Nomor Pelana 2, joki Riski R dengan Pemilik All Star Stable yang lari dikelas derby jarak 1600 meter berhasil menjadi Juara 1 sekaligus ikut menyabet Trophy dari Penjabat Gubernur Sulut Dr Soni Sumarsono MDM. Di race tersebut, sebanyak Tujuh Kuda Pacu ikut berlomba dan Bombardir hanya berselih sedikit dengan Kuda Adinda di garis finis, setelah pengumuman panitia Adinda keluar sebagai Juar 2 serta Juara 3 King Kasih.

Demikian pula di Race Sepuluh yang merupakan kelas yang paling bergengsi yaitu kelas terbuka jarak 2200 meter yang memperebutkan, Trophi dari Ketua Umum Koni Sulut Olly Dondokambey SE yang juga merupakan Gubernur terpilih periode 2015-2020,  diikuti Delapan Ekor Kuda berhasil keluar sebagai Juara 1 Smart Lady Nomor Pelana 6, Joki Arter Kamu dengan pemilik Daniel Waani, Juara 2 King Minahasa serta Juara 3 Garuda Bintang.

Gubernur Sulut saat menutup Kejurda tersebut, menyampaikan rasa optimismenya bahwa kuda-kuda pacu asal Sulut di PON Jawa Barat nantinya akan kembali mengharumkan nama baik Sulut.
“Saya percaya dengan pembinaan yang dilakukan Pengda Pordasi Sulut secara terencana dengan tertib ini, di bawah  Ketua Umum  Drs Mecky M Onibala MSi yang nota benenya adalah sebagai Kadis Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulut ini, akan tetap mempertahankan predikat Juara Umum dalam PON nanti,” ujarnya.

Karena itu sambil menunggu pelaksanaan PON nanti lewat program Mari Jo Ka Manado kiranya pada bulan April bisa melaksanakan kejuaraan seperti ini, paling tidak minimal lima kali setahun di laksanakan lomba kuda pacu di Tompaso dengan maksud untuk menarik wisatawan datang kesini, jelas Sumarsono.

Ketua Umum Pengada Pordasi Sulut Mecky Onibala mengatakan, Kejurda kali ini dihadiri pula  Ketua Umum Pengda Pordasi DKI Jakarta Bapak Alex Asmasubrata.

Onibala menambahkan, dikelas ekstra perdana 800 M memperebutkan Tropy Sekprov Sulut diikuti tiga kuda pacu Juara 1 Miss Jui, Miss lady dan Putri Purnama masing-masing sebagai Juara 2 dan 3, di Race kedua Kelas Perdana C/D memperebutkan, Tropy Pakasaan Stable jarak 800 M diikuti lima ekor kuda berhasil Juara 1 Meisa Juara 2 dan 3 kuda Nateta dan Bintang Ivana. di kelas A/B juga diikuti 5 ekor kuda memperebutkan Tropy Kawanua Post (Vecky Kainage) Juara 1 King Star diikuti kuda Bintang Nyong Sulut dan Putra Milani sebagai Juara 2 dan 3, di Kelas Pemula 1000 M memperebutkan Tropy Ketua Umum Pengda Pordasi DKI Jakarta diikuti 3 ekor kuda keluar sebagai Juara 1 Rokos diikuti Boult dan Pandora sebagai Juara 2 dan 3. Untuk lari jarak 1400 M memperebutkan Tropy Kajati Sulut berhasil sebagai Juara 1 Jurgen Boy, Juara 2 Royel Price dan Putra Gorontalo sebagai Juara 3, Trophy Kapolda Sulut.(*)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.