Meriahkan HUT RI ke 77, Pemkab Bolmong Gelar Jalan Sehat

0
74
Sekda Bolmong Tahlis Gallang saat lepas kegiatan jalan sehat, mewakili Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM .(foto:Yono).

BOLMONG, DETOTABUAN.COM – Ribuan Aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) mengikuti jalan sehat, dalam rangka memperingati HUT ke 77 republik Indonesia, Jumat (5/8/2022).

Peserta jalan sehat tersebut diikuti oleh seluruh ASN Pemkab Bolmong, yang dipimpin oleh Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang, dimulai dari gerbang masuk kantor bupati, finis kantor Bupati Bolmong.

Dirangkaikan juga gerakan nasional pembagian 10 juta bendera merah putih oleh Badan Kesatuan bangsa dan Politik (Kesbangpol) kepada ribuan ASN yang hadir.

Dalam laporan Ketua Panitia pelaksana HUT RI ke 77 tahun Abdussalam Bonde, menyampaikan kegiatan jalan sehat pada hari ini sebuah rangkaian dalam memeriahkan HUT RI ke 77 tahun.
“Ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan yakni lomba gerak jalan tingkat SD dan SMP, lomba catur antar SKPD, lomba bunga segar antar SKPD dan lomba tarik tambang,” katanya.

Sekda Bolmong Tahlis Gallang dan ASN jalan sehat

Sementara dalam sambutan Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM, yang diwakili Sekda Tahlis Gallang mengatakan kegiatan jalan sehat pada pagi ini sangat bermakna bagi kita sebagai ASN.

Tahlis berkata, kata merdeka itu mempunyai makna yang sangat luar biasa. Dimana dua tahun kita dijajah oleh Covid-19, berkumpul seperti ini tidak bisa dilakukan. Bahkan ditahun pertama kita sama sekali tidak boleh mengumpulkan kegiatan seperti ini.
“Nah pada hari ini kita sudah dapat melaksanakan kegiatan seperti ini. Ini sudah cukup luar biasa, sangat bermakna sekali dan sudah bisa bersilaturahmi dan berkumpul dengan teman-teman,” kata Sekda Bolmong.

Untuk itu, peringatan HUT RI kemerdekaan dikabupaten Bolmong, pada tahun ini harus dibuat semeriah mungkin.
“Ya setidak – tidaknya melibatkan semua SKPD, semua pemerintah. Baik pemerintah kecamatan, desa dan seluruh masyarakat Bolmong,” pintah Tahlis Gallang.

Tahlis menegaskan untuk kabupaten Bolmong peringatan ditingkat kabupaten pada hari H- nanti melibatkan lima kecamatan dan desa yang ada di pantai Utara (Pantura).

“Untuk kecamatan dan desa yang ada di Passi bersatu, Lolayan dan kecamatan dumoga bersatu melaksanakan upacara tersendiri,” ungkapnya.

Kenapa dilakukan demikian, kata sekda, agar supaya makna kemerdekaan pada itu juga bisa diikuti oleh masyarakat. Dimana merdeka dari penjajahan dari 77 tahun yang lalu dan merdeka dari Covid-19 serta semua aspek.

Launching bendera merah putih

Ia juga meminta kepada seluruh SKPD, ada beberapa kegiatan yang dirancang oleh panitia agar tolong diikuti semua. Dan SKPD wajib Ikut, kegiatan yang sederhana tapi diharuskan untuk ikut.

“Jika ada kegiatan yang tidak diikuti oleh SKPD maka nanti panitia yang akan menilai itu, karena kegiatan ini untuk kita. Jadi saya harap ini menjadi perhatian kita semua,” tegas Tahlis.

Diakhiri sambutannya, Sekda Bolmong langsung memimpin gerakan nasional pembagian 10 juta bendera merah putih. Dan dilanjutkan senam zumba. (Yono).

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.