Pembangunan Bandar Udara Baru Bolmong Dikebut, PPK: Target 2024 Beroperasi

0
196
Nampak: PPK Bandar Udara baru Bolmong, dan Pemkab Bolmong, pemerintah desa bersama Kapolsek dan Dandramil Lolak Survey lahan lokasi pembangunan bandara di desa Lalow, kecamatan Lolak. (Foto:Yono).

BOLMONG, DETOTABUAN.COM – Pembangunan bandar udara kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) baru dikebut oleh pemerintah pusat . Hal ini dibuktikan dengan Kementerian Perhubungan republik Indonesia dan pihak ketiga bersama Pemkab Bolmong, Senin (22/8/2022) turun survey dilapangan lokasi pembangunan bandar udara baru Bolmong, yang berada di lahan milik tanah negara di desa Lalow, kecamatan Lolak.

Turut mendampingi tim dari Kementerian Perhubungan RI yakni, Sangadi desa Lalow, Kasat Polpp Zulfadli Binol, Kadis Perhubungan Sugih Arto Banteng, Kapolsek Lolak, dan Dandramil Lolak.

Pantauan media ini, pendamping dari Pemkab Bolmong dan Pemerintah desa setempat menunjukkan batas lahan dan titik – titik yang akan dibangun oleh pemerintah pusat tersebut. Salah satunya lahan jalan utama masuk menuju bandar udara baru Bolmong.

Menurut Penjabat Pembuat Komitmen (PPK) Bandar Udara Baru Bolmong Ismet Asui, untuk pembangunan bandar udara tersebut dialokasikan pada anggaran yang bersumber dari proyek surat berharga syariah negara (SBSN) tahun 2022 ini sebesar Rp 121 miliar, dengan 4 kegiatan. Ia mengungkapkan kegiatan itu diantaranya Pekerjaan timbunan sisi udara, Pekerjaan timbunan sisi darat, Pekerjaan konstruksi pavement sisi udara dan sisi darat dan Manajemen konstruksi.

“Ini mulai pekerjaan pembangunan, dengan kontrak pekerjaan di bulan Juli Minggu ke empat tahun ini,” kata Ismet, turut bersama juga pihak ketiga.

Untuk pekerjaan bandar udara baru Bolmong ini akan terus dipacu, ditargetkan sesuai rencana akan mulai beroperasi tahun 2024.

“Mudah – mudahan sesuai dengan rencana, karena ini juga program strategis nasional dari presiden RI Joko Widodo,” ujar Ismet.

Ia berharap dukungan masyarakat sekitar bandar udara di Lolak dan semua komponen masyarakat di Bolmong sebab ini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di ibu kota Bolmong Lolak, bila mana bandar udara baru Bolmong ini akan mulai beroperasi. (Yono).

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.