Pj Bupati Bolmong Kembali Rombak ‘Kabinet’, Berikut Nama – namanya

0
6775

Detotabuan.com,BOLMONG – Penjabat (Pj) Bupati Bolmong Ir. Limi Mokodompit, MM kembali melakukan perombakan “Kabinet” kerja di Lingkungan Pemerintahannya, Jumat 19 April 2024 tadi.

Perombakan tersebut ditandai dengan dilantik dan diambil sumpahnya ratusan pejabat structural maupun fungsional mulai dari tingkatan Sekretaris Dinas/badan, Kepala Bidang, Camat, Kepala Seksi, Kepala Puskesmas hingga Kepala Sekolah SD dan SMP yang tersebar di 15 Kecamatan se Bolmong.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut, turut dihadiri Sekretaris Daerah Abdullah Mokoginta, SH, Ketua TP PKK Bolmong, Para Asisten, Kepala OPD, Ketua DPD KNPI Bolmong, Ketua dan Pengurus Dharma Wanita dan para ASN.

Mengawali sambutannya, Pj Bupati Limi atas nama pribadi, keluarga dan pemerintah menyampaikan selamat bertugas kepada pejabat yang baru dilantik, seraya berharap kiranya amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh Negara dan daerah dapat dijalankan dengan penuh perhatian, komitmen, loyalitas serta tanggungjawab yang tinggi.

“Hal ini penting untuk dipahami dan dijiwai, karena berulang kali saya ingatkan bahwa konsekuensi dari pelaksanaan jabatan bukan hanya dipertanggungjawabkan kepada bangsa, negara, daerah dan masyarakat semata, akan tetapi lebih dari itu dipertanggungjawabkan kepada allah swt, tuhan yang maha kuasa,” ujar Bupati.

Bupati juga mengingatkan bahwa pelantikan pejabat struktural dan pejabat fungsional pada hari ini, bukan hanya sebagai formalitas untuk pengisian jabatan yang lowong, serta bukan sekedar menempatkan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu, melainkan sebagai sarana penguatan, pengembangan dan pemberdayaan potensi diri, serta pembenahan, penyegaran dan pemantapan roda organisasi pemerintahan.

“Ini juga sekaligus dijadikan sebagai bahan evaluasi kinerja saudara sekalian selama menduduki jabatan sebelumnya, dalam rangka peningkatan kompetensi ke arah tercapainya sumber daya aparatur yang handal dan professional,” terangnya.

Kepada pejabat yang baru dilantik Bupati berpesan beberapa hal, yang pertama agar setelah pelantikan ini, untuk dapat segera menyesuaikan diri dengan jabatan baru, tanpa melepas tanggungjawab pada jabatan sebelumnya, karena masih banyak tugas dan pekerjaan yang harus diselesaikan dan masih tanggungjawab dari pejabat sebelumnya.

“Saya minta segera lakukan konsolidasi internal, untuk menghimpun berbagai potensi dan kekuatan organisasi, karena bapak-ibu harus hadir dan mampu memberikan pencerahan positif bagi lingkungan kerja masing-masing, sekaligus harus mampu meningkatkan semangat kerja personil yang ada, sehingga dapat memberikan daya ungkit untuk menghasilkan perubahan dan pembaharuan ke arah kinerja yang lebih optimal,” terangnya.

Sementara bagi sekolah-sekolah yang memiliki aset bergerak, Bupati mengingatkan agar segera melaksanakan serah terima aset sekolah yang ada pada pejabat lama, dan juga memelihara dengan baik aset tersebut agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

“Saya hanya ingin mengingatkan bahwa ada ribuan ASN di kabupaten Bolmong dan satu jabatan diperebutkan oleh banyak orang, sehingga saya minta sekecil apapun jabatan bapak-ibu sekalian, hargai dan syukuri dan jangan pernah bangga dengan jabatan yang dipercayakan ini, tetapi banggalah ketika bapak-ibu mampu mempersembahkan yang terbaik bagi daerah yang kita cintai ini,” terangnya.

Sementara kepada pejabat fungsional kepala sekolah, Bupati meminta untuk lebih meningkatkan disiplin, loyalitas dan kompetensi yang dimiliki, karena salah satu keberhasilan sekolah sangat ditentukan oleh kualitas kepala sekolah dalam memimpin dan mengorganisasikan sekolah yang dipimpinnya itu.

“Bangun serta ciptakan komunikasi dan harmonisasi dengan seluruh guru, tenaga pengajar serta dengan peserta didik yang ada, sehingga kepala sekolah dan para guru dapat bekerja dengan nyaman, serta menghasilkan kinerja yang lebih maksimal, begitu juga dengan peserta didik akan semakin siap dalam menerima pelajaran yang akan diberikan,” harapnya.

Bupati mengungkapkan, bahwa pergeseran ataupun mutasi khususnya pejabat fungsional kepala sekolah kali ini, mengacu pada peraturan menteri pendidikan nasional nomor 28 tahun 2010, tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah dan kepala madrasah

Hal ini lanjut Bupati, bukan dilakukan karena faktor suka atau tidak suka, maupun tekanan atau tendensi politik, namun pelantikan pejabat fungsional kepala sekolah ini berdasarkan penilaian kinerja tahunan yang dilakukan oleh pengawas sekolah, dan secara kumulatif dilaksanakan oleh dinas pendidikan.

Demikian juga kepada para Kepala Puskesmas yang dilantik hari ini, diminta agar dapat memberikan pelayanan prima, yang merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat tanpa memandang suku, agama, ras dan golongan serta status sosial lainnya, sehingga pelayanan kesehatan yang selama ini sangat dibutuhkan masyarakat, dapat dirasakan langsung manfaatnya.

“Saya minta kepada para kepala Puskesmas agar dapat mengkoordinir dan mengawasi kinerja tenaga medis di puseksmas masing-masing agar mereka bertanggungjawab penuh dalam melayani masyarakat, dan dalam memberikan pelayanan kepada pasien harus selalu ramah, cepat, tepat, tulus dan ikhlas, karena tuntutan serta tugas yang emban oleh tenaga medis, membutuhkan pendekatan psikologis pasien, sehingga pasien merasa nyaman dalam menjalani perawatan, hingga akhirnya cepat sembuh dan pulih kembali,” tambahnya.

Sebelum menutup sambutan, Bupati meminta kepada pihak keluarga baik istri maupun suami dari pejabat struktural dan fungsional yang baru dilantik, agar selalu memberikan dukungan dan motivasi, sehingga tugas dan tanggungjawab yang diamanahkan ini, dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada para pejabat struktural dan fungsional yang telah dan akan mengakhiri masa jabatan memasuki masa purna tugas, atas dedikasi dan pengabdiannya selama bertugas sebagai asn di lingkungan pemerintah kabupaten bolaang mongondow, dan semoga segala yang telah diberikan kepada daerah dan bangsa ini, akan dicatat oleh yang maha kuasa allah swt, sebagai amal ibadah,” pungkasnya.

Berikut nama – nama Pejabat yang dilantik :

(Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.